Depok (ANTARA) - Forum Kota Sehat (FKS) Kota Depok, Jawa Barat, mengingatkan untuk mewujudkan kota yang sehat membutuhkan kerja sama semua pihak, baik dari perangkat daerah, FKS, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) di kecamatan, hingga Kelompok Kerja Sehat di kelurahan.

"Kita harus bekerja sama sebagai tim untuk mewujudkan Depok sebagai kota sehat," kata   Ketua FKS Kota Depok, Elly Farida di Depok, Jumat.

Ia mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membangun kebersamaan. Di antaranya, menciptakan sinergi, meminimalkan kendala serta memaksimalkan peran dan tanggung jawab.

Selain itu, merespons perubahan dengan cepat dan memberikan motivasi untuk mencapai prestasi.

Ia mengatakan Kota Depok sedang melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan penghargaan tertinggi kota sehat yaitu Swastisaba Wistara pada 2023.

Baca juga: Wali Kota Depok jelaskan pembangunan Masjid Al-Qudus di lahan relokasi

Baca juga: Jalur pedestrian ramah disabilitas dibangun di Kota Depok


Untuk meraihnya, diperlukan peran dari perangkat daerah dan unsur FKKS serta Pokja Sehat di wilayah.

"Kebersamaan ini harus terus ditingkatkan dan dipertahankan agar komponen kesehatan dapat terwujud demi meningkatkan status kesehatan dan impian kita untuk mendapatkan Wistara," ujar Elly Farida yang juga istri Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok Jawa Barat, Zakiah mengatakan untuk mewujudkan Depok Kota Sehat perlu mendapat peran serta dari masyarakat.

"Kami telah melakukan raker kota sehat agar tercipta sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam pembangunan kesehatan di Kota Depok," katanya.

Zakiah menambahkan, melalui raker tersebut pihaknya juga memberikan dan menyampaikan telaah indikator dari setiap tatanan kota sehat yang akurat sehingga perangkat daerah dan forum dan atau organisasi masyarakat terkait dapat mengetahui tentang penyelenggaraan kabupaten atau kota sehat.

Menurut Zakiah, kegiatan tersebut melibatkan FKS Kota Depok, FKKS dari 11 kecamatan dan Pokja Kelurahan Sehat dari 63 Kelurahan. Dengan harapan dapat menindaklanjuti program kesehatan untuk di wilayah masing-masing.

Baca juga: Pemkot Depok berikan vaksinasi rabies gratis akhir September

Baca juga: Pemkot Depok beri layanan 'drive thru' dokumen kependudukan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022