Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Jumat (18/11) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Presiden Jokowi serukan APEC perkuat kerja sama konkret

Presiden RI Joko Widodo menyerukan agar para pemimpin negara Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) memperkuat kerja sama konkret di tengah deretan krisis global yang dihadapi, baik itu di bidang pangan, energi, dan lingkungan, serta ancaman resesi.

"Dalam jangka pendek, kolaborasi mutlak diperlukan untuk mengatasi inflasi dan memastikan ketahanan pangan," kata Jokowi saat menyampaikan intervensi Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC (AELM) Sesi I di Bangkok, Thailand, Jumat.

Selengkapnya baca disini

2. Anggota DPR sampaikan orasi kebudayaan Indarung Art Market Festival 2022

Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyampaikan orasi kebudayaan bertajuk "Indarung: Bung Karno, Peci dan Semen" di Indarung Art Market Festival 2022.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, festival itu digelar di bekas Pabrik Indarung I Padang, Sumatera Barat, yang merupakan cikal bakal pabrik semen pertama di Asia Tenggara.

Selengkapnya baca disini

3. TNI AL uji coba kapal tempur D-18 wujudkan MEF

TNI AL melaksanakan uji coba kapal tempur karya anak bangsa untuk memperkuat Alutsista dan upaya mewujudkan kekuatan pokok minimum atau "Minimum Essential Force" (MEF) matra laut fase 2010-2024.

Uji coba kapal tempur D-18 buatan PT Tesco Indomaritim itu dilakukan di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat, yang disaksikan langsung Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Ahmadi H Purwono didampingi Aslog Kasal Laksda TNI Agus Santoso, Kadismatal Laksma TNI Widiyantoro, dan Komandan Pasmar 1, Brigjen TNI Mar Hermanto.

Selengkapnya baca disini

4. KSP ajak mahasiswa cegah politik identitas dan adu domba jelang 2024

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengajak mahasiswa berperan aktif untuk mencegah politik identitas, polarisasi politik, dan "adu domba" yang dikhawatirkan terjadi menjelang Pemilu 2024.

"Kita masih ingat polarisasi yang terjadi di pemilu sebelumnya dan ini menimbulkan suasana tidak nyaman yang masih membekas hingga sekarang," kata Moeldoko saat beraudiensi dengan Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca disini

5. Pengamat: Rotasi pengangkatan Panglima TNI wujud hikmat kebijaksanaan

Pengamat Intelijen, Pertahanan, dan Keamanan Ngasiman Djoyonegoro mengatakan bahwa tradisi rotasi lintas matra pada pergantian panglima TNI merupakan wujud hikmat kebijaksanaan.

"Rotasi antarmatra ini saya kira sebagai bentuk hikmat kebijaksanaan yang dipegang teguh oleh para pemimpin kita dan dituangkan dalam undang-undang. Jika melihat rutenya, peluang ada di TNI AL," tutur Simon, panggilan akrab Ngasiman, dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022