Jakarta (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla menginstruksikan petugas PMI Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur memperkuat kolaborasi bersama unsur terkait untuk membantu korban gempa bumi.

"Saya menyampaikan duka cita atas korban gempa di Cianjur dan juga telah meminta PMI Jabar dan Cianjur segera turun kelapangan untuk membantu korban dan rehabitasi rumah masyarakat bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta relawan lainnya," kata Jusuf Kalla melalui pernyataannya di Jakarta, Senin sore.

Baca juga: Basarnas Cilacap bantu penanganan dampak gempa di Cianjur

Ia mengatakan meminta seluruh pihak terkait saling bahu membahu dalam proses tanggap darurat serta untuk rehabilitasi usai bencana gempa di Kabupaten Cianjur pada hari ini sekitar pukul 13.21 WIB.

Gempa bermagnitudo 5,6 berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hari ini menelan puluhan korban jiwa dan ratusan orang luka-luka. BNPB melaporkan data terkini jumlah korban gempa Cianjur berjumlah 46 orang meninggal dunia dan 700-an orang terluka.

Baca juga: RS Lapangan dibutuhkan untuk bantu korban gempa Cianjur

Jusuf Kalla juga meminta warga tetap waspada memantau perkembangan dan mengikuti imbauan atau peringatan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta BNPB.

Jusuf Kalla berharap agar warga dapat saling membantu menghadapi bencana alam tersebut.

Baca juga: Kemendikbudristek koordinasi dengan Pemda terkait gempa Cianjur

"Tetap bersama warga untuk memberikan bantuan kepada mereka yang saat ini sangat membutuhkan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2022