Jakarta (ANTARA) - Ketua Presidium MER-C dr Sarbini Abdul Murad menurunkan dua tim relawan yang terdiri atas para tenaga kesehatan dan ahli konstruksi ke lokasi gempa Cianjur.

“Pada Selasa pagi ini, MER-C menurunkan dua tim relawannya untuk membantu korban gempa di Cianjur,” ujar Sarbini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Tim pertama berjumlah tiga relawan yang terdiri atas dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi, dokter spesialis bedah saraf, dan insinyur. Tim tersebut akan melakukan penilaian kebutuhan bedah, medis, dan konstruksi di wilayah terdampak gempa.

Baca juga: PABOI berangkatkan dokter ortopedi ke lokasi gempa Cianjur

Sementara, tim kedua telah menyusul berangkat ke Cianjur yang terdiri atas lima relawan, yaitu dua dokter umum, satu perawat bedah, dan dua logistik.

“Kami juga sedang mempersiapkan tim medis lanjutan dan tim bedah. Karakteristik bencana gempa adalah banyaknya korban yang mengalami patah tulang akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Ini spesifikasi lembaga MER-C. Kami cukup banyak mempunyai relawan di bidang bedah, khususnya bedah ortopedi. Apabila diperlukan berdasarkan penilaian tim awal ini, kami siap mengerahkan Tim Bedah MER-C,” kata dia.

Baca juga: TNI AL kirim 400 prajurit Korps Marinir bantu korban gempa Cianjur

Sementara itu, tim MER-C di kantor pusat tampak mempersiapkan peralatan dan perlengkapan bedah untuk membantu korban gempa yang memerlukan tindakan operasi.

Baca juga: Banten kirim 20 personel BPBD bantu korban gempa Cianjur
Baca juga: Baznas kerahkan tim bantu evakuasi korban gempa di Cianjur


Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022