Jakarta (ANTARA) - Layanan kependudukan di Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menjadi acuan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Bali untuk meningkatkan kualitas kinerja pada bidang yang sama.

"Dipilihnya Kelurahan Pejaten Barat karena jadi salah satu kelurahan layanan kependudukan terbaik di DKI Jakarta," kata Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Edi Sumantri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Edi mengatakan kedatangan Pemerintah Kota Denpasar ini sebagai studi banding sekaligus mempelajari soal mekanisme kerja dan tata cara layanan kependudukan di Kelurahan Pejaten Barat.

Menurut dia, layanan kependudukan Kelurahan Pejaten Barat merupakan salah satu yang terbaik lantaran mencapai target skala nasional.

"Diharapkan kunjungan kerja ini untuk kemajuan layanan, baik di DKI Jakarta maupun di Denpasar," ucapnya.

Baca juga: Dukcapil DKI tingkatkan layanan 3,5 jam tiap dua kali sebulan

Edi tidak merinci apa target skala nasional yang sudah dicapai oleh Kelurahan Pejaten Barat.

Lurah Pejaten Barat, Asep Ahmad Umar menyebutkan nantinya Pemkot Denpasar akan mencontoh beberapa strategi layanan yang telah dilakukannya hingga bisa mencapai target nasional.

Dengan harapan, beragam masalah masyarakat bisa teratasi selama 24 jam untuk menyelesaikannya.

"Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMDUK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang kami kelola telah melampaui target yang telah ditetapkan serta adanya 82 Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), 14 Satpol PP, perangkat sosial dan lain sebagainya," kata Asep.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengaku terkesan dengan pelayanan kependudukan yang dilakukan Kelurahan Pejaten Barat.

"Selanjutnya, layanan yang baik, cepat dan mudah itu akan kami adopsi dan terapkan di Denpasar," katanya.

Agus menambahkan, pada kesempatan ini dirinya didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD), kemudian empat camat yakni Camat Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan dan Denpasar Utara, serta 43 lurah atau kades.

Penerimaan kunjungan dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Edi Sumantri yang didampingi Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman, Sekretaris Kecamatan Pasar Minggu Rizki Noviana Purnama, serta jajaran terkait lainnya.

Baca juga: Layanan administrasi kependudukan warga DKI, kini jadi 15 menit

Salah satu layanan unik di Dukcapil Jakarta Selatan adalah Layanan Dukcapil) Rabu Petang (LDRP), pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB.

Tujuan utama layanan itu untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan pada Disdukcapil DKI Jakarta serta pemberian layanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022