Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menata trotoar di Jalan Inspeksi Danau Cavalio demi kenyamanan para pejalan kaki.

"Ini pengerjaan rutin dan sudah dikerjakan dari kemarin. Petugas yang mengerjakan itu dari Satgas Kecamatan Pesanggrahan sebanyak 10 orang. Untuk pengerjaan akan rampung selama sembilan hari," jelas Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bina Marga Kecamatan Pesanggrahan Mahendra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Mahendra menjelaskan perbaikan trotoar meliputi paving blok yang amblas dan hilang. Lalu para petugas membersihkan dan mencucinya serta pengecatan kembali.

Pengerjaan tersebut, kata Mahendra dibantu Gulkarmat dan PPSU Pesanggrahan.

Sementara itu untuk pembuatan tali air, pihaknya memasang bata yang sudah dilapisi.

Baca juga: Pengamat desak Pemprov DKI bangun trotoar di lokasi strategis

Selain itu dipasang juga kanstin tali air dan tutup plat saluran tali air ukuran 300.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membenahi kotak penanam (planter box). Tanah yang berada di dalam kotak penanam dibuang dan diganti.

Mahendra mengatakan Bina Marga telah berkoordinasi dengan Satpel Pertamanan dan PPSU untuk pengisian tanah kembali dan tanaman hias setelah itu ditambah pengecatan kotak penanam setelah pembenahan selesai.

"Terakhir kami juga memperbaiki pot tanaman dengan pasangan bata 'finish' plester aci cat. Kita telah berkoordinasi dengan Satpel Pertamanan dan PPSU untuk pengisian tanah kembali dan tanaman hias," kata Mahendra.

Menurut Mahendra, lokasi trotoar yang ditata memiliki spesifikasi panjang trotoar 165 meter, lebar 2,4 meter dan luas 396 meter.

Baca juga: Dinas Bina Marga DKI perluas akses bagi pejalan kaki di Rasuna Said

Sebelumnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Bina Marga telah memperbaiki ribuan titik trotoar di 10 kecamatan hingga Agustus 2022.

"Perbaikan trotoar ini meliputi pemasangan paving, kanstin, tali air, dan turap," kata Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo. 

Heru menambahkan berdasarkan data kegiatan penanganan kerusakan jalan dan jembatan Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Selatan 2022, titik trotoar yang paling banyak diperbaiki pihaknya sebanyak 8.292 titik dengan volume 21.479,27 meter persegi.

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022