Jakarta (ANTARA) - Indonesia membuka kejuaraan renang Major Games Qualifier (MGQ) 2023 di OCBC Aquatic Centre, Singapura, Rabu, dengan meraih tiga medali emas melalui Andi Muhammad Nurrizka, Adellia, dan Izzy Dwifaiva Herfrisyanthi.

Menurut laman Singapore Swimming, Rabu, Andi menjadi yang terbaik dalam nomor 200 meter gaya dada putra setelah dalam final membuat catatan waktu 2 menit 18,68 detik.

Dia mengalahkan Niels Chrisstoffels dari Nexus International School yang menyelesaikan lomba pada urutan kedua dengan 2 menit 24,55 detik dan Hayden Lin dari AquaTech Swimming pada posisi ketiga dengan 2:22,42 detik.

Prestasi apik juga diraih Adellia pada nomor gaya dada putri dengan catatan waktu 2 menit 35,90 detik mengalahkan Melanie Chong (Chinese Swimming Club S'Pore) dengan 2:37,31 detik dan Zahra Izam (Elite Swim) dengan 2:42,29 detik.

Kemudian Izzy menyelesaikan lomba dengan catatan waktu tercepat 17 menit 39,66 detik pada nomor 1.500 meter gaya bebas putri.

Baca juga: Masniari Wolf pertajam rekornas 50 m gaya punggung putri di Jerman

Dia mengalahkan Li-Shan Chantal Liew (Singapore Swimming Club) dengan 17:54,74 detik dan Xin Ru Charmaine Lee (SwimDolphia Aquatic School dengan 18:16,06 detik.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) di bawah pelatih kepala timnas renang Michael Piper memberikan kepercayaan kepada perenang muda Indonesia guna berlaga dalam Major Games Qualifier 2023 yang bergulir pada 23-26 November.

Secara keseluruhan terdapat 11 atlet Indonesia yang bersaing dengan rincian lima putra dan enam putri.

Dari sektor putra terdapat Nicholas Karel Subagyo, Andi Muhammad Nurrizka, Romeo Lingga Al Farizi, Alvino Dika Wijaya, dan S. Malikil Alliim.

Sementara untuk putri terdapat Adellia, Serenna Karmelita, Izzy Dwifaiva, Ni Putu Pande Lisa Primasari, Michelle Sujadi Fang, dan Kezeea Octavia Famayanti.

Mereka yang tampil merupakan anggota pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja.

Baca juga: Enam perenang Indonesia mangkir dari latihan pelatnas

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022