Haikou, China (ANTARA) - China bersedia bekerja sama dengan organisasi internasional dan badan antariksa di seluruh dunia untuk mempromosikan pembentukan kemitraan global jenis baru yang menjunjung kesetaraan dan kerja sama yang saling menguntungkan, keterbukaan dan inklusivitas, serta pemanfaatan yang damai dan bermanfaat bagi umat manusia.

China menetapkan rencana tersebut dalam sebuah laporan aksi yang dirilis pada Lokakarya Kemitraan Global tentang Eksplorasi dan Inovasi Luar Angkasa ke-2 PBB/China 2022.

Acara tersebut digelar pada Senin (21/11) hingga Kamis (24/11) di Haikou, China.

Kepala Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) Zhang Kejian mengatakan bahwa China bersedia terlibat dalam sejumlah bidang, seperti pembuatan aturan, perencanaan strategis, pelaksanaan misi luar angkasa, serta penerapan dan berbagi data ilmiah.

Niklas Hedman, pelaksana tugas direktur Kantor PBB untuk Urusan Luar Angkasa, menuturkan bahwa PBB berencana melakukan upaya-upaya eksplorasi luar angkasa ke level yang lebih tinggi melalui kemitraan bilateral dan multilateral.





Diproduksi oleh Xinhua Global Service




 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022