Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan empat dari tujuh kabupaten/kota di provinsi itu pada Senin (28/11) tanpa penambahan kasus orang terpapar virus corona, sehingga total pasien COVID-19 dikarantina di daerah itu menjadi 130 orang.

"Hari ini Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang tanpa penambahan kasus COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Positif COVID-19 di Babel bertambah 12, naik jadi 69 kasus

Ia mengatakan penambahan kasus COVID-19 pada Senin (28/11) sebanyak delapan kasus terdapat di tiga kabupaten, yaitu Belitung empat kasus, Bangka tiga kasus dan Bangka Tengah satu kasus, sementara empat kabupaten/kota lainnya tanpa penambahan kasus virus corona.

"Hari ini pasien sembuh juga bertambah dua orang dan pasien meninggal nihil," ujarnya.

Ia menyatakan dengan penambahan delapan kasus tersebut, pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani isolasi menjadi 130 orang tersebar di Kabupaten Belitung 40 orang, Kota Pangkalpinang 32 orang, Bangka 23 orang, Bangka Tengah 15 orang, Bangka Barat 14 orang, Bangka Selatan empat orang, dan Belitung Timur dua orang pasien.

"Saat ini Belitung Timur dan Pangkalpinang sebagai penyumbang kasus terbanyak. Oleh karena itu, kami lebih menggencarkan penerapan prokes dan vaksinasi di dua daerah itu," katanya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Babel awasi ketat 76 pasien terpapar virus corona

Baca juga: Polda Babel gencarkan vaksinasi COVID-19 di Kota Pangkalpinang


Menurut dia, meski kasus COVID-19 mengalami peningkatan, masih bisa dikendalikan dengan mengoptimalkan kegiatan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi penguat bagi masyarakat.

"Kami mengimbau masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan prokes sebagai cara ampuh untuk tidak tertular virus corona ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022