Jakarta (ANTARA) - Jenama produk perawatan rambut lokal Inaura baru saja meluncurkan rangkaian produk pelindung rambut diwarnai "Magia Plex Series", yang bisa diaplikasikan dari proses hingga perawatan.

Rangkaian terdiri dari lima produk yakni Magia Plex 1 (bond connector), Magia Plex 2 (bond sealer), Magia Plex 3 (color lock mask), Magia Plex 4 (color lock shampoo), Magia Plex 5 (color lock conditioner).

Seluruh produk mengunggulkan kandungan sugar active complex, hydrolized keratin, urea, provitamin B5, almond extract, avocado extract yang diklaim mampu mengunci warna rambut usai diwarnai agar tidak mudah luntur dan bertahan warna.

Sebagai produk perawatan rambut lokal, Inaura memahami kebutuhan rambut pengguna Indonesia yang memiliki ke-khas-an tersendiri.

Baca juga: Seberapa penting penggunaan kondisioner?

"Rambut orang Asia, khususnya Indonesia memiliki pigmen yang namanya eumelanin yang berbeda dengan orang Eropa (atau luar negeri pada umumnya), secara karakter rambutnya pun berbeda," kata Ayu Fitria, Brand Manager Inaura kepada ANTARA beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kandungan sugar active complex dalam rangkaian Magia Plex Series bisa membantu proses pengangkatan warna pigmen rambut (lifting) tanpa menghambat proses deposit color, proses pewarnaan tu sendiri.

ANTARA menjajal rangkaian pelindung rambut diwarnai Inaura Magia Plex Series. Kondisi rambut sebelumnya telah di-bleaching dan diwarnai. Kali ini ANTARA mencoba untuk melakukan re-touch warna dengan menggunakan produk tersebut.

ANTARA mencampur Magia Plex 1 (bond connector) ke dalam pewarna rambut dan mengaduknya hingga tercampur. Magic Plex 1 memiliki tekstur yang cair, watery, tanpa ada bau menyengat, meski tercium bau asam sedikit.

Saat diaplikasikan, rambut terasa sedikit panas, namun tidak mengganggu. Meski demikian kemungkinan sensasi tersebut diakibatkan dari produk pewarna dan developer yang digunakan.

Biasanya, setelah mengalami proses kimia, rambut yang telah di-bleaching dan diwarnai akan rapuh, mudah patah dan kering.

Baca juga: Nosuku luncurkan rangkaian produk perawatan tubuh dan rambut
Namun setelah menggunakan Magia Plex 1 (bond connector) ke dalam pewarna rambut, rambut basah terasa masih sehat tanpa sensasi lentur berlebihan mirip karet yang menandakan adanya kerusakan rambut.

Saat diaplikasikan ke rambut tak ada perbedaan signifikan. Rambut lantas dicuci menggunakan masker rambut Magia Plex 3 (color lock mask) dan dikeringkan menggunakan handuk.

Magia Plex 2 (bond sealer) adalah produk selanjutnya yang diaplikasikan ke rambut dengan tujuan melindungi kutikula rambut yang sudah terbuka akibat proses kimiawi. Setelah itu, rambut didiamkan sekira satu jam dengan dibungkus handuk.

Setelah itu rambut kembali dibilas tanpa sampo dan hanya menggunakan Magia Plex 5 (color lock conditioner). Produk sampo dan conditioner memiliki aroma bunga-bungaan lembut dan tekstur yang pas.

Rambut lantas dikeringkan tanpa hair dryer dan hanya diangin-anginkan untuk menghindari kerapuhan rambut akibat proses kimia.

Baca juga: Kerastase buka "official flagship shop" di Shopee
Kondisi rambut sebelum (kiri) dan seminggu sesudah (kanan) menggunakan produk Inaura Magia Plex Series. (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Usai pemakaian produk pewarna dengan campuran bond connector Magia Plex serta sampo dan conditioner, tekstur rambut lembut dan terasa masih kuat.

"Kelebihan Magia Plex Series dibanding produk lain di antaranya melindungi serat rambut selama proses perawatan kimia seperti bleaching dan pewarnaan," kata Ayu.

Magia Plex Series nyatanya tidak menghambat proses kenaikan level warna rambut dan justru melindungi rambut dari proses pewarnaan berulang sehingga rambut tidak mudah patah atau rapuh.

"Ph balanced yang terkandung di dalamnya membantu mengembalikan rambut ke kondisi sehat sementara produk plex lainnya biasanya membuat proses pewarnaan tidak maksimal serta menghambat proses lifting dan penyerapan molekul warna saat proses pewarnaan rambut."

Dibandingkan dengan produk "plex" kenamaan yang pernah dipakai, Inaura Magia Plex Series bisa dibilang cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai alternatif produk yang harganya lebih murah.

Baca juga: Kandungan acid bermanfaat untuk perawatan rambut yang diwarnai
Ayu menegaskan bahwa Magia plex series memiliki kandungan yang berbeda dengan Olaplex karena teknologi yang dipakai dalam rangkaian ini adalah sugar active complex.

"Kandungan lainnya seperti hydrolized keratin, urea, pro vitamin B5, almond extract, avocado extract."

Jika ingin melakukan bleaching rambut untuk mendapatkan level warna yang diinginkan, Ayu memberikan sejumlah tips, pertama analisa kulit kepala dan batang rambut.

Periksa apakah kondisi kulit kepala sensitif dan batang rambut masih cukup sehat.

"Setelah itu, tentukan teknik, tentukan formula, gunakan Magia Plex Series untuk perawatan lanjutan (yaitu Magia Plex Series Step 4 dan 5)."

Seminggu setelah penggunaan Magia Plex Series Step, ANTARA terus melanjutkan perawatan dengan Magia Plex Series Step 4 dan 5.

Sebelumnya, rambut berwarna jarang dicuci untuk mempertahankan warna rambut. Namun dengan menggunakan Magia Plex Series Step 4 dan 5 serta Magia Plex Step 3 (color lock mask), ANTARA cukup sering mencuci rambut. Dalam seminggu, tiga kali mencuci rambut, warna rambut cukup masih bertahan.

Meski demikian, dari seluruh rangkaian, ANTARA paling merekomendasikan Magia Plex Step 3 (color lock mask), 4 dan 5, karena cukup ampuh merawat rambut berwarna. Usai menggunakan Magia Plex sampo khusus berwarna, warna rambut tidak banyak luntur jika dibandingkan dengan sampo khusus rambut berwarna lain.

Magia Plex series dibanderol Rp425.000 dan bisa digunakan sendiri di rumah dengan mudah.

Baca juga: Dyson kenalkan varian warna baru untuk dua produk tata rambut

Baca juga: Tips menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab

Baca juga: Tips mendapatkan rambut menawan ala salon

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022