Jakarta (ANTARA) - Ajang Pahlawan Digital UMKM, sebagai program kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM dengan Staf Khusus Presiden Putri Tanjung, menetapkan tiga usaha rintisan sebagai pemenang dalam acara Awarding Day Pahlawan Digital UMKM 2022 yang digelar di kawasan Jakarta Pusat, Selasa.

Pemenang Pahlawan Digital UMKM 2022 juara pertama adalah Surplus yakni marketplace yang diciptakan khusus untuk menjual sisa-sisa makanan yang tidak terjual atau berlebih. Juara kedua, WARJALI merupakan platform terintegrasi yang membuka akses kepada pelaku UMKM kuliner untuk mendapatkan suplai bahan baku segar hingga akses permodalan, sedangkan juara ketiga adalah djoin yang merupakan startup penyedia teknologi bagi koperasi di Indonesia.
Baca juga: Kreativitas dan inovasi kunci startup tangguh hadapi potensi resesi

Putri Tanjung di Jakarta, Selasa, sebagai inisiator program ini menjelaskan sistem penilaian yang dilakukan juri dalam memilih pemenang melalui tiga segi yakni, pertama dari segi dampak kepada UMKM.

“Penting banget untuk inovasinya ini bisa punya solusi yang dihadapi UMKM-UMKM, dampaknya seperti apa seberapa besar apa mereka reach dan engage dengan UMKM. Dan itu dampaknya dinilai dari banyak hal, dampaknya dari dampak numbers, impact nyata seperti berapa banyak UMKM, values dari mereka, mereka juga punya goal apa,” jelas Putri Tanjung.
Baca juga: Pemerintah bantu persiapkan UMKM masuki endemi

Kedua, lanjutnya, adalah dari segi bisnis yang dilihat dari prospek pengembangan bisnis termasuk ekspansi ke depannya, serta ketiga terkait pondasi keuangan yang berkaitan dengan tim serta CEO (SDM) hingga perkembangan keuangannya.

Dalam kesempatan tersebut Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang terpilih.

"Tiga pahlawan digital ini bisa juga mengembangkan dan juga berbagi ilmu dan menemukan pelanggan yang tepat yang akhirnya nanti menambah jumlah UMKM on boarding di Indonesia,” ujar Siti Azizah.
Baca juga: Asosiasi: 12 juta UMKM masuk e-commerce

Salah satu anggota dewan kurator Pahlawan Digital yang juga Direktur Utama Smesco yakni Leonard Theosabrata mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti penandatanganan MoU dengan 10 besar pemenang.

“Ya tadi kita sudah tanda tangani MoU dengan 10 pemenang, yang MoU ini akan kami tindak lanjuti bersama Smesco dalam kerja sama untuk UMKM naik kelas, karena kita nilai apa yang sudah tersaring di pahlawan digital ini kan orang-orang terpilih semoga bisa dapat membantu lebih banyak lagi UMKM dalam rangka digitalisasi menuju 2024 kita mencapai 30 juta UMKM masuk ke ekosistem digital,” ucap Leonard Theosabrata.

Ajang Pahlawan Digital UMKM 2022 dibuka pada 29 Agustus 2022 dengan peserta 269 inovator digital yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan lebih dari 60 persen berasal dari luar Jabodetabek.

Baca juga: Perkembangan UMKM digital dinilai telah merambah ke pelosok desa

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022