Jakarta (ANTARA) - Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto mengatakan bahwa riset dan inovasi akan dapat mendukung optimalisasi tata kelola kearsipan.

"ANRI terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan melalui riset dan inovasi," kata Imam Gunarto dalam acara temu media di Jakarta, Kamis malam.

Terkait hal itu, kata Imam, beberapa waktu yang lalu ANRI telah menandatangani Nota Kesepahaman Kearsipan di bidang Riset dan Inovasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kerja sama bertujuan untuk membentuk kerangka kerja sama yang sinergis dalam rangka meningkatkan dan memanfaatkan peran masing-masing pihak secara optimal di bidang kearsipan, riset dan inovasi.

Baca juga: Arsip penanganan pandemi jadi warisan berharga
Baca juga: ANRI: Sejarah Malut jalur rempah nusantara akan diusulkan ke UNESCO

Imam Gunarto menambahkan bahwa ANRI juga mendorong penyelamatan dan pengelolaan arsip terkait riset-riset mengenai vaksin Merah Putih untuk COVID-19.

"Arsip mengenai riset vaksin diharapkan dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang," katanya.

Sementara itu, Kepala ANRI juga menambahkan bahwa arsip merupakan suatu hal yang melekat dalam kehidupan masyarakat.

"Pada saat ini khasanah atau kekayaan bangsa Indonesia yang berupa arsip secara nasional tersimpan di ANRI," kata Imam Gunarto.

Baca juga: ANRI: Semangat Konferensi Asia Afrika terekam dengan baik dalam arsip
Baca juga: ANRI kemukakan langkah penyelamatan arsip saat terjadi bencana

Dia menambahkan bahwa arsip merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang berperan penting dalam upaya membangun memori kolektif bangsa.

Imam Gunarto juga menambahkan bahwa pada saat ini ANRI siap menerima arsip penanganan pandemi dari kementerian dan lembaga.

Langkah tersebut, kata dia, merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 62 Tahun 2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan COVID-19.

Kepala ANRI mengatakan arsip penanganan COVID-19 akan menjadi warisan yang sangat berharga dan berguna di masa yang akan datang.

"Hal ini dimaksudkan agar generasi mendatang tidak kesulitan dalam mendapatkan informasi-informasi, khususnya informasi terkait penanganan pandemi." kata Imam Gunarto.

Baca juga: ANRI: Arsip merupakan warisan budaya bangsa

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022