Jakarta (ANTARA) - Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk menanam 2.040 bibit pohon mangrove dan aneka buah sebagai dukungan bagi kelestarian lingkungan.

Penanaman 1.000 bibit pohon mangrove dan 1.040 bibit pohon aneka buah itu dilakukan di kawasan objek wisata Mangrove Pandan Alas, Desa Sriminosari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Corporate Secretary PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan pihaknya konsisten melakukan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) melalui berbagai aksi dan kegiatan di seluruh wilayah operasi.

Menurut dia, sepanjang 2022, dari empat skala prioritas kegiatan TJSL PGN, penyaluran dana sektor lingkungan mencapai Rp13 miliar.

Rachmat pun berharap pohon-pohon tersebut dapat menghijaukan dan membantu penanganan perubahan iklim serta bisa mencegah abrasi akibat air laut daerah di sekitar Stasiun Gas Labuhan Maringgai dan Terbanggi Besar.

"Pemilihan bibit mangrove dan buah-buahan ini bertujuan untuk meningkatkan ruang terbuka hijau, peningkatan kualitas udara, serta dengan tanaman buah-buahan ini diharapkan dapat memberikan dampak keekonomian bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Rachmat menjelaskan PGN Grup senantiasa menyelaraskan program CSR dan strategi bisnis perusahaan menggunakan inisiatif CSR dengan mengadopsi CVS (creating shared value) dan ISO 26000, sebagai panduan CSR tingkat internasional.

"Dengan menggunakan pendekatan mitigasi risiko, nilai yang dibagikan dan aspek keberlanjutan, perencanaan program TJSL dilakukan dengan pertimbangan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif di berbagai aspek untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar," jelasnya.

Rachmat juga mengatakan kegiatan ini tidak hanya bertujuan penghijauan saja, namun juga mendukung target pemerintah Indonesia dan komitmen BUMN dalam mengurangi emisi karbon agar tercapai net zero emission.

"Kegiatan CSR melalui penanaman pohon ini merupakan bentuk nyata sinergi PGN Grup dalam mengurangi emisi karbon dengan menekankan pertumbuhan pada peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan masyarakat di sekitar wilayah operasi," ujarnya.

Program CSR PGN, lanjutnya, secara aktif dan berkelanjutan senantiasa melibatkan berbagai unsur masyarakat. Dengan dukungan masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasi, menjadi bagian penting bagi kemajuan PGN, sebut Rachmat.

Baca juga: Subholding Gas Pertamina dan Petronas teken penyaluran gas 50 MMSCFD
Baca juga: PGN tingkatkan utilisasi dan pengembangan infrastruktur gas bumi
Baca juga: Subholding Gas Pertamina tambah alokasi gas untuk Batam dan Jatim

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022