Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berharap penanaman pohon alpukat Cipedak di bantaran Sungai Ciliwung membawa banyak manfaat bagi warga, mulai dari buahnya,  penghijauan hingga dalam jangka panjang untuk mengatasi banjir.

"Ratusan bibit pohon alpukat kami berikan pada pengurus RW 01 dan 02 Kelurahan Srengseng Sawah sehingga bila berbuah dapat dinikmati oleh warga," kata Sekretaris Camat Jagakarsa Mustopa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Mustopa menyebutkan, sejumlah 500 bibit pohon tersebut dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social 
Responsibility/CSR) PJB Investasi (anak perusahaan PT PLN) di Sekolah Sungai Ciliwung di Jalan Arus No 99 Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan itu, Mustopa bersama jajaran PT PLN, aparat kecamatan, kelurahan dan pengurus Sekolah Sungai Ciliwung secara simbolis turut menanam pohon alpukat.

Sekretaris Camat Kecamatan Jagakarsa itu mengutarakan rasa syukur dan terima kasihnya lantaran bibit pohon alpukat Cipedak tersebut merupakan tanaman ciri khas di wilayah Kecamatan Jagakarsa.

"Kami ucapkan terima kasih pada CSR tersebut yang memberikan bantuan sebanyak 500 bibit pohon alpukat jenis Cipedak serta penanamannya di bantaran pinggir Kali Ciliwung," katanya.

Baca juga: Jakarta Selatan galakkan budi daya Alpukat Cipedak
Baca juga: Jakarta Selatan berkomitmen tanam alpukat Cipedak di Jagakarsa

Ponti Silitonga dari CSR PJB Investasi menuturkan pemberian bibit pohon ini sebagai salah satu wujud kepedulian PT PLN dan anak-anak perusahaannya untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan asri.

"Mudah mudahan bantuan ini bermanfaat bagi warga hingga wilayah Kelurahan Srengseng Sawah khususnya untuk penghijauan," tutur Ponti.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berkomitmen menanam pohon produktif jenis alpukat Cipedak di Kecamatan Jagakarsa sebagai ciri khas di daerah itu.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menuturkan penanaman pohon alpukat Cipedak ini merupakan bagian dari penanaman pohon aksi tanam 1.000 pohon.

Gerakan tersebut telah gencar dilakukan sejak Oktober 2022 dan akan terus berlanjut serta dilakukan oleh seluruh elemen pemerintahan di Jakarta Selatan.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022