Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan  tata krama patut dijunjung tinggi bagi insan yang berkecimpung di bidang  kehumasan terutama berkaitan dengan cara-cara berkomunikasi.

"Komunikasi sudah banyak dan berbagai cara, ada media yang cukup canggih tapi saya titip di sini, tata krama, tata cara komunikasi, dan berbicara itu patut kita junjung tinggi," kata Heru saat membuka kegiatan Konvensi Humas Indonesia Tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT ke-50 Perhimpunan Humas (Perhumas) Indonesia di Jakarta, Rabu.

Menurut Heru yang juga sebagai Kepala Sekretariat Kepresidenan, humas merupakan perpanjangan tangan untuk menangani berbagai isu strategis dalam konteks komunikasi dan informasi.

Saat mengemban tugas sebagai Kasetpres pun, Heru mengaku banyak mempertimbangkan judul agar memberikan nilai positif kepada masyarakat.

"Kebetulan sebelum Pj (Gubernur) dan masih merangkap Kepala Sekretariat Presiden, rekan-rekan sekalian harus banyak mempertimbangkan judul. Arahnya ke mana, komunikasinya ke mana, dampaknya ke mana. Artinya kehumasan harus menjadi ujung tombak," kata dia.

Heru menjelaskan Pemerintah Provinsi DKI mendukung penuh kegiatan Konvensi Humas Indonesia Tahun 2022 sebagai wadah bertukar gagasan dalam dunia kehumasan baik dari bidang pemerintahan, swasta, badan, lembaga, serta instansi apa pun.

Selain itu, ia juga menilai humas di Indonesia merupakan sebuah profesi yang sangat vital, serta mampu menjadi alat dalam memberikan pemahaman dari berbagai informasi yang sangat diperlukan masyarakat.

"Humas di Indonesia merupakan mitra kerja yang andal bagi siapapun, dan berperan sebagai ujung tombak komunikasi dalam penyampaian pesan-pesan positif bagi masyarakat," kata Heru.

Adapun Konvensi Humas Indonesia Tahun 2022 mengusung tajuk "Inspirasi Indonesia untuk Maju Bersama' dengan mengampanyekan gerakan "Indonesia Bicara Baik".

Konvensi ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi, kemampuan, dan keterampilan para profesional humas di Indonesia.
Baca juga: Pj Gubernur DKI serahkan bantuan pangan untuk korban gempa Cianjur
Baca juga: Pj Gubernur DKI terbitkan aturan batasi usia PJLP
Baca juga: Pj Gubernur DKI harap Festival Dayung Ciliwung lestarikan lingkungan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022