Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR, Yandri Susanto, mengajak Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) terus memberikan pengabdiannya untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Dia menilai para pensiunan masih bisa mengabdi dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial kemasyarakatan, maupun bidang politik.

"Pengabdian di bidang politik masih terbuka, apalagi Pemilu 2024 sebentar lagi. Ada banyak partai politik, sehingga para pensiunan tinggal memilih partai politik sebagai tempat pengabdian," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kepala Kepegawaian Jaksel berpesan pensiunan untuk selalu mengabdi

Hal itu dikatakan saat menghadiri pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) Provinsi Banten Masa Bakti 2022-2027, di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Serang.

Ia mencontohkan pengabdian di bidang politik, mantan Walikota Cilegon, Edi Ariady, setelah yang bersangkutan pensiun, lalu menjadi politisi dan saat ini menjadi ketua DPW NasDem Banten.

Baca juga: KPK panggil pensiunan MA terkait kasus suap pengurusan perkara

Ia juga menilai peluang para pensiunan menjadi calon anggota legislatif sangat terbuka, sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Jadi pengabdian para pensiunan tidak pernah berhenti, kita sama-sama membangun bangsa ini. Kita semua sama-sama bertanggungjawab mengatasi beragam masalah yang ada," ujarnya.

Baca juga: Manokwari bentuk tim dalami masalah rumah pensiunan Fasharkan TNI AL

Ia mengaku siap membantu dan bekerja sama dengan organisasi PPI untuk mengatasi berbagai permasalahan, karena bangsa Indonesia masih menghadapi banyak persoalan seperti kemiskinan, kebodohan, dan degradasi moral.

Dia berharap pada pensiunan yang sudah memiliki "jam terbang" dan "asam garam" pengalaman, tetap memberi inspirasi khususnya bagi kalangan muda.

Baca juga: Pensiunan ASN di Jaksel diimbau aktif di kegiatan sosial

"Kami yang muda-muda ini tetap membutuhkan bimbingan karena para pensiunan sudah melampaui zamannya, sudah melakukan pengabdian yang luar biasa. Kalau pengabdian itu dinilai dengan rupiah, tak akan ternilai," katanya.

Pengukuhan DPW PPI Provinsi Banten tersebut dihadiri Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PPI Ermaya Suradinata, Ketua Dewan Pembina PPI Feisal Tamin, Ketua DPW PPI Banten Hilman Nitiamijaya, mantan Bupati Serang Taufik Nuriman, dan mantan Walikota Cilegon Edi Ariady.

Baca juga: Wali Kota Jakpus: Pensiunan PNS dapat mengabdi tanpa batas

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2022