Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengajak para perempuan masa kini untuk melanjutkan perjuangan mewujudkan kesetaraan dengan memajukan ekonomi bangsa melalui kewirausahaan perempuan.

"Partisipasi perempuan dalam ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan bangsa yang berkelanjutan sangat penting, salah satunya melalui kewirausahaan," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Rabu.

Bintang Puspayoga mengatakan perempuan mengelola dan memiliki lebih dari setengah UMKM Indonesia yang merupakan unit bisnis vital bagi perekonomian bangsa, karena jumlahnya yang mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha di Indonesia.

UMKM juga menyumbang sekitar 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan 97 persen dari tenaga kerja.

Menurut dia, potensi perempuan wirausaha mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Oleh karenanya, peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender menjadi salah satu dari lima program prioritas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak hingga tahun 2024.

"Dalam momentum peringatan Hari Ibu ini, mari kita semua bergandengan tangan menyatukan kekuatan untuk memberdayakan perempuan demi kesejahteraan bagi semua," kata Bintang Puspayoga.

Menurut dia, ketika perempuan berdaya secara ekonomi, maka akan turut meningkatkan kesejahteraan bagi keluarganya, meminimalisir terjadinya kekerasan, praktek-praktek eksploitasi anak dan perkawinan anak yang lekat dengan masalah kemiskinan.

Dalam jangka panjang, berdaya-nya seorang perempuan akan meningkatkan pembangunan berkelanjutan.

Adapun upaya yang telah dilakukan KemenPPPA dalam mengoptimalkan peran perempuan dalam sektor wirausaha, diantaranya memberikan pelatihan kewirausahaan bagi perempuan rentan, yaitu perempuan prasejahtera, kepala keluarga, serta penyintas kekerasan; dan membangun kewirausahaan perempuan dari tingkat desa/kelurahan melalui Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (D/KRPPA).

Baca juga: Menteri PPPA: Perempuan agar jadi pelopor pembangunan desa inklusif

Baca juga: Menteri PPPA apresiasi komitmen Kota Pariaman berdayakan perempuan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022