Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyebut lapangan kerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menyumbang hingga 97 persen total lapangan kerja di Indonesia perlu ditingkatkan kualitasnya.

Adapun sebesar 96 persen dari total lapangan kerja di Indonesia dikontribusi oleh lapangan kerja usaha mikro.

“Jadi kita harus tingkatkan usaha mikro agar lebih baik baik dari sisi kapasitas maupun kualitas produk. Dari sisi pembiayaan, kita perlu mendukung mereka,” katanya dalam Pembukaan BRI UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2022 yang di Jakarta Convention Center, Kamis.

Ia menyebut UMKM tidak hanya memerlukan pembiayaan untuk modal kerja, tapi juga untuk melakukan investasi agar kapasitas mereka bisa meningkat.

Kerja sama berbagai stake holder baik pemerintah, perbankan, maupun pelaku usaha diperlukan untuk mendorong proses peningkatan kapasitas UMKM tersebut, termasuk melalui penyerapan produk UMKM.

Saat ini pemerintah telah memenuhi 40 persen kebutuhan pengadaan barang dari produk UMKM, tapi jumlah ini masih perlu terus ditingkatkan.

“Rantai pasok UMKM kepada pelaku usaha swasta maupun kepada BUMN juga masih perlu dibangun. Kalau kebutuhan produksi BUMN dan swasta yang besar dipasok oleh UMKM, ini akan meningkatkan dan memperkuat ekonomi UMKM,” ucapnya.

UMKM saat ini juga masih menghadapi kendala berupa kualitas produk yang masih rendah, kuantitas produksi yang juga masih rendah, serta literasi.

“Kita perlu melakukan strategi efektif bagaimana kita fokus melakukan pendampingan terus-menerus, termasuk membereskan ekosistem untuk mendukung ekspor produk UMKM yang sudah memiliki permintaan dari luar negeri,” ucapnya.

Baca juga: UMKM Expo(rt) Brilianpreneur hasilkan kontrak ekspor Rp1,2 triliun
Baca juga: BRI: UMKM harus dapat banyak kesempatan masuk pasar internasional
Baca juga: BRI catat kredit tumbuh 7,92 persen ditopang segmen UMKM
Baca juga: BRI: Pertumbuhan ekonomi dapat dicapai dengan fokus giatkan UMKM

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022