Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dalam keterangan sambutan tertulis menyebutkan bahwa sejak digelar 15 tahun silam, KTT Pengusaha China-Amerika Latin berperan penting dalam mempromosikan kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Amerika Latin, serta memperdalam pertukaran individu bilateral.

Xi mengemukakan bahwa hubungan China-Amerika Latin memasuki era baru kesetaraan, saling menguntungkan, inovasi, keterbukaan dan manfaat bersama.

Ia menambahkan bahwa komunitas bisnis merupakan kekuatan baru bagi kerja sama praktis China-Amerika Latin, serta sebagai pembangun dan penerima manfaat dari pertumbuhan hubungan bilateral.

Diharapkan bahwa para sahabat dari komunitas bisnis terus menjunjung tinggi semangat kewirausahaan yang gigih dan merintis, serta berperan sebagai promotor pembangunan terbuka, pemimpin pembangunan inovatif, dan praktisi pembangunan bersama dalam upaya memberikan kontribusi baru dan lebih besar untuk mempromosikan pembangunan komunitas China-LAC dengan masa depan bersama, ujar Xi.

Pada hari yang sama, Presiden Ekuador Guillermo Lasso menghadiri upacara pembukaan KTT itu dan menyampaikan pidato.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022