Brussel (ANTARA) - China berharap Uni Eropa (EU) dapat menjadi mitra penting dalam upaya China mewujudkan modernisasinya, kata Fu Cong, kepala Misi China untuk EU pada Selasa (13/12).

Fu melontarkan pernyataan itu ketika dia menyerahkan salinan Surat Kepercayaan kepada Kepala Protokol Dinas Luar Negeri Eropa (European External Action Service/EEAS) Thierry Bechet pada Selasa, menurut siaran pers yang diterbitkan oleh Misi China untuk EU pada Rabu (14/12).
 
   Fu juga mengatakan bahwa dia berharap UE dapat "berbagi peluang yang dibawa oleh pasar besar China dan upaya China untuk memajukan keterbukaan kelembagaan serta memperdalam kerja sama internasional."   Sang diplomat mengatakan bahwa China akan tetap berkomitmen untuk mengejar kebijakan luar negeri perdamaian yang independen, demi tujuan kebijakan luar negerinya yakni menegakkan perdamaian dunia dan mempromosikan pembangunan bersama serta untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.


"China dan EU adalah dua kekuatan besar yang menjunjung tinggi perdamaian dunia, dua pasar besar yang mendorong pembangunan bersama, dan dua peradaban besar yang mendukung kemajuan umat manusia," kata Fu.

Mempertahankan momentum positif kerja sama bilateral di dalam prinsip keuntungan bersama dan hasil yang saling menguntungkan melayani keinginan bersama China dan EU serta komunitas internasional yang lebih luas, lanjut Fu.
 
   Sang diplomat mengatakan bahwa China akan tetap berkomitmen untuk mengejar kebijakan luar negeri perdamaian yang independen, demi tujuan kebijakan luar negerinya yakni menegakkan perdamaian dunia dan mempromosikan pembangunan bersama serta untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia


Fu juga mengatakan bahwa dia dan Misi China siap bekerja dengan EU untuk mematuhi berbagai kesepakatan penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua belah pihak, memajukan hubungan China-EU dan membina persahabatan antara kedua bangsa.

Bechet menyambut Fu saat dia menjalani peran barunya, dan mengatakan bahwa divisinya siap bekerja sama dengan Misi China dan bersama-sama mengikuti kemajuan baru dalam hubungan EU-China.

Fu tiba di Brussel pada Sabtu (10/12) untuk menerima peran barunya sebagai kepala Misi China untuk EU.
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022