Madiun (ANTARA) - PT INKA (Persero) mendapatkan dua penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

Dua penghargaan itu, yakni sebagai mitra dengan inovasi bidang kendaraan listrik terbaik untuk mendukung ekonomi hijau Indonesia (Bus Listrik Merah Putih) dan sebagai mitra terfavorit kategori Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Baca juga: Lima bus listrik INKA uji coba transportasi wisata di TMII

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Diktiristek Prof Nizam kepada Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko PT INKA (Persero) Andy Budiman dalam acara Anugerah Diktiristek 2022 di Jakarta pada Kamis (15/12) malam.

"Pencapaian penghargaan tersebut merupakan hasil kolaborasi PT INKA (Persero) dengan banyak pihak seperti Kementerian BUMN, Kemendikbud Dikti Ristek, dan Kemenhub," ujar SM TJSL dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto dalam keterangannya di Madiun, Jumat.

Baca juga: PT INKA libatkan tim perawat bus listrik dukung transportasi hijau G20

Menurut dia, momentum KTT G20 bulan November kemarin merupakan ajang pembuktian kolaborasi INKA hingga mendapat apresiasi yang luar biasa.

"Bulan lalu kami mendapat apresiasi dari Menteri BUMN Bapak Erick Thohir, dan sekarang kami juga mendapatkan apresiasi dari Dikti Ristek. Semua ini tidak lepas dari kerja sama kami dengan Kementerian BUMN, Kemendikbud Dikti Ristek dan Kemenhub hingga Perum Damri yang juga sebagai partner kami dalam operasional bus listrik di Bali kemarin," kata Bambang.

Baca juga: PT INKA dan UII sepakati kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ia berharap pencapaian itu tidak berhenti pada momentum KTT G20 saja. PT INKA (Persero) juga terus melanjutkan dengan operasional Bus Listrik E-Inobus di kota-kota lainnya seperti Bandung dan Surabaya.

Hal tersebut dalam rangka mendukung upaya pemerintah transformasi energi dan mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak pemanasan global.

Baca juga: Anak perusahaan INKA ekspor AC kereta api ke Filipina
Baca juga: Wamen BUMN targetkan TKDN produksi bus listrik INKA bisa 100 Persen

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022