Mataram (ANTARA) - Polres Dompu, Nusa Tenggara Barat membentuk Remaja Bhayangkara Club (RBC) untuk kalangan milenial dalam rangka menekan tindak kriminalitas yang marak terjadi khususnya di kalangan remaja.

"Kami mencoba membuat terobosan yakni mendirikan Remaja Bhayangkara Club untuk kalangan remaja usia produktif," kata Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Sabtu.

Baca juga: Polisi tangkap puluhan remaja hendak tawuran di Jatinegara

Polres Dompu tak henti-hentinya menghadirkan gagasan serta menciptakan terobosan, bahkan kerap kali menggelar berbagai macam kegiatan baik secara internal maupun di ruang lingkup eksternal guna meningkatkan kamtibmas.

"Ini semua bentuk upaya anggota Polri guna membangun dan membina hubungan harmonis, serta bagaimana mendekatkan anggota terhadap semua kalangan masyarakat tak terkecuali anak muda," katanya.

Baca juga: Polisi tetapkan dua remaja tersangka prostitusi daring di Palembang

Ia juga mengaku rindu berbaur bersama para milenial, apalagi forum yang dimaksud menggagas kegiatan-kegiatan positif untuk kemajuan masa depan bangsa dengan memberikan hal positif bagi generasi muda di Dompet khususnya.

Keamanan dan ketertiban di Kabupaten Dompu harus dibangun dan dihadirkan sejak dini, termasuk pada generasi muda, karenanya secara teratur citra serta tingkat kepercayaan publik terhadap Polri bisa lebih baik.

Baca juga: Polisi tangkap 10 remaja hendak tawuran di Cakung

"Besar harapan kami dengan terbentuknya RBC ini dapat pula menekan tingkat kejahatan di kalangan anak-anak di bawah umur bahkan di kalangan remaja usia produktif," katanya.

Selain itu, kata Kapolres, lewat wadah ini adik-adik milenial mendapat kesempatan untuk menyalurkan bakat dan minat dan memberikan motivasi kepada anak-anak ataupun para pelajar untuk berprestasi di bidang olahraga salah satu contoh olah raga bola voli. 

Baca juga: Polisi tangkap lima remaja bersenjata tajam diduga ingin tawuran

"Kami ingin mental dan fisik adik-adik yang sudah tergabung di sini bisa melatih sportivitas dan kematangan dalam berkompetisi," katanya.

Pada pelaksanaannya, beberapa kegiatan baik yang sudah terlaksana maupun yang tengah dirancang antara lain kegiatan Pembinaan kedisiplinan, pembinaan fisik, latihan baris berbaris, latihan renang, teknik permainan bola voli dan masih banyak lagi.

Baca juga: Polisi buru tiga pelaku pengeroyokan remaja di Pulogadung

"Untuk pelaksanaan latihan, dijadwalkan seminggu 3 kali, Senin, Rabu dan Jum'at, bisa juga di hari-hari libur," katanya.

Untuk saat ini jumlah anak-anak muda milenial yang telah terdaftar sudah mencapai 65 orang putra dan putri dengan rasio usia mulai umur 12 tahun sampai 17 tahun atau setingkat pelajar SMP dan SMA.

"Ayo yang ngaku milenial, mari bergabung bersama RBC," katanya.

Baca juga: Kriminal kemarin, polisi usut kasus asusila hingga penganiayaan remaja
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2022