Shirahama (ANTARA) - Seekor panda raksasa bernama Eimei, yang telah 28 tahun tinggal di Jepang, ditetapkan sebagai utusan khusus untuk persahabatan antara Jepang dan China.

Penetapan tersebut diumumkan oleh Konsul Jenderal China di Osaka Xue Jian, Sabtu (17/12), dalam upacara di Adventure World, tempat tinggal Eimei, yang merupakan taman hiburan di Shirahama, Perfektur Wakayama, Jepang.

Eimei, atau dalam bahasa Mandarin Yong Ming, adalah panda jantan berumur 30 tahun sekaligus merupakan panda raksasa tertua yang hidup di Jepang.

Eimei tiba di Jepang dari China tahun 1994. Eimei adalah bapak dari 16 anak panda raksasa yang lahir di Adventure World dan mencetak rekor dunia sebagai panda raksasa tertua yang berhasil dibesarkan di penangkaran.

Tahun ini menandai menandai peringatan 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik antara China dan Jepang serta kunjungan pertama seekor panda raksasa ke Jepang.
 
   Eimei, panda raksasa utusan khusus untuk persahabatan antara Jepang dan China. (ANTARA/Xinhua)


Sebagai simbol persahabatan antara China dan Jepang, kata Xue, Eimei memiliki peran unik dalam mempromosikan persahabatan antara kedua bangsa dan mengembangkan hubungan bilateral.

"Saya berharap semakin banyak orang Jepang dapat mengubah rasa kasihnya untuk panda menjadi rasa kasih untuk umat manusia," tambah Xue.

Dia juga berharap Jepang dapat merasa lebih dekat dengan China, kampung halaman panda, melalui hubungan persahabatan antara kedua negara yang dibangun oleh panda.
 
  Konsul Jenderal China di Osaka Xue Jian dan Gubernur Perfektur Wakayama Shuhei Kishimoto di Wakayama, Jepang, Sabtu (17/12/2022). (ANTARA/Xinhua)

Sementara itu, Gubernur Perfektur Wakayama Shuhei Kishimoto mengatakan berkat kerja sama antara Adventure World dan pusat penelitian dan penangkaran panda raksasa di Provinsi Sichuan, China, Wakayama dan Sichuan menjalin hubungan persahabatan kedua daerah itu sejak Januari 2022.

Kishimoto mengatakan Perfektur Wakayama akan terus mengembangkan hubungan persahabatan yang dibangun oleh Eimei serta berupaya meningkatkan pertukaran antara Jepang dan China.

Adventure World mengumumkan Eimei akan kembali ke pusat penelitian dan penangkaran panda raksasa Chengdu pada Februari 2023 bersama dengan putri kembarnya, Ouhin dan Touhin. Nantinya, akan ada empat panda raksasa yang tinggal di Adventure World.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022