Jakarta (ANTARA) -  Heilongjiang, provinsi penghasil kedelai terbesar di China, mencetak rekor baru pada 2022 dalam hal produksi dan area penanaman kedelai, menurut data dari Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Heilongjiang menghasilkan 9,54 miliar kilogram kedelai tahun ini, naik 32,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan memberikan kontribusi sebesar 47 persen terhadap total produksi kedelai negara itu. Total luas area penanaman kedelai di provinsi tersebut mencapai 73,98 juta mu (4,93 juta hektare), meningkat 26,9 persen (yoy).

Liu Mingkun, Kepala Koperasi Mesin Pertanian Yongsheng di wilayah Jixian, Provinsi Heilongjiang, dipenuhi kegembiraan dan sukacita.

"Tahun ini, koperasi kami menanam lebih dari 20.000 mu (1.333 hektare) kedelai, dengan rata-rata hasil panen lebih dari 200 kilogram per 1 mu (0,06 hektare)," kata Liu. "Kami telah memecahkan rekor baru."

Demi memastikan ketahanan pangan nasional, Provinsi Heilongjiang telah meningkatkan produksi kedelainya melalui serangkaian kebijakan, seperti peningkatan varietas dan teknik pengelolaan lahan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022