Jakarta (ANTARA) - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara dengan dibantu aparatur kewilayahan setempat menggelar kegiatan kemanusiaan bersih-bersih gereja menyambut  Natal 2022 yang dilakukan serentak di 31 lokasi, Selasa.

Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Madjid mengatakan kegiatan yang melibatkan puluhan personel itu  untuk memastikan persiapan penyelenggaraan ibadah natal dilakukan sebaik-baiknya, baik dari segi kebersihan, kenyamanan, keamanan maupun pada saat pelaksanaannya nanti.

"Ini kegiatan kedua yang sudah dilaksanakan oleh Satpol PP Jakarta Utara. Sudah dilakukan selama dua tahun, sejak dari 2021 sampai sekarang 2022," kata Yusuf yang lebih akrab disapa Yuma dalam keterangannya di Jakarta Utara, Selasa.

Yuma mengatakan aparatur yang diturunkan mulai dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan berkolaborasi dengan personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Sudin Lingkungan Hidup, Komando Rayon Militer (Koramil), dan Kepolisian Sektor (Polsek) tingkat kecamatan, hingga petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) kelurahan serta unsur-unsur binaan dan kepanitiaan natal di gereja​​​​​​.

Diketahui, dua dari 31 lokasi pembersihan gereja tersebut di antaranya Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron di Kelapa Gading dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ancol di RW016 Sunter Agung, Tanjung Priok.

Sejalan dengan Satpol PP Jakarta Utara, Kecamatan Kelapa Gading dan Tanjung Priok memiliki komitmen yang sama dalam menyambut natal 2022 dan tahun baru 2023.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka mengatakan Camat Tanjung Priok dalam rapat di tingkat kecamatan telah menetapkan setiap kelurahan minimal ada satu gereja yang akan fokus pembersihannya dilaksanakan melalui aksi Bersih-Bersih Gereja (BBG) tersebut.

"Nah, kalau di Sunter kami hanya fokus di gereja ini (Gereja HKBP Ancol) tapi kelurahan lain juga ada. Jadi setiap kelurahan itu ada fokus gerejanya, begitu," kata Danang.

Sekretaris Kecamatan Kelapa Gading, Suci Cintya Putripola mengatakan dukungan penuh terhadap aksi bersih-bersih gereja ini merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan kepada sesama umat beragama.

Sementara Pimpinan Sekretaris GBI Mawar Saron Hermato Dermawan mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah dilakukan kepada GBI Mawar Saron.

"Kami bersukacita dengan kedatangan bapak-ibu, ini bukan hanya bersih-bersih tapi kekompakan kerjasama antara kita semua. Saya berharap jangan berhenti di sini, mari terus bisa saling mendukung, saling kerjasama, mendukung program pemerintah, memajukan, memberikan rasa nyaman dan aman untuk seluruh warga Jakarta khususnya Kelapa Gading," katanya.

Pimpinan HKBP Ancol Rijon Malcolm Siahaan mengatakan aksi tersebut mendukung kelancaran jadwal pelaksanaan kebaktian pada 24 Desember dan ibadah 25 Desember mendatang.

"Persiapan ini sudah membantu kelancaran ibadah kami yang sudah mulai 24 Desember dan 25 Desember," kata Siahaan.

Dia mengatakan untuk menampung keseluruhan jemaat yang berjumlah 3.400 orang dan disesuaikan dengan tempat ibadah, kebaktian dibuat dua jadwal. Pertama pukul 17.00 WIB, dan kedua pukul 19.00 WIB.

"Kami perkirakan masing-masing jadwal dihadiri 1.700 orang," kata Siahaan.

Kemudian dalam rangka perayaan natal, selain daripada kebaktian tanggal 24, pihaknya juga menggelar ibadah pada 25 Desember dengan harapan jumlah jemaat yang hadir pun sama.
Baca juga: Polres Jakarta Pusat amankan 137 gereja saat perayaan Natal 2022
Baca juga: Katedral Jakarta akan ikuti aturan soal kapasitas gereja saat Natal
Baca juga: Pemkot Jakbar bersihkan gereja menjelang Natal

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022