Jakarta (ANTARA) - Ladang Minyak Daqing, ladang minyak darat terbesar di China, telah menghasilkan lebih dari 10,26 juta ton minyak mentah melalui teknologi pemulihan minyak tersier dalam 11 bulan pertama tahun ini, yang merupakan rekor tertingginya, demikian menurut Ladang Minyak Daqing, anak perusahaan dari China National Petroleum Corporation.

Jumlah tersebut mewakili 37,4 persen dari total produksi minyak mentah di ladang minyak itu dalam periode yang sama. Sejauh ini, produksi minyak mentah tahunan melalui pemulihan tersier Ladang Minyak Daqing telah melampaui 10 juta ton selama 21 tahun berturut-turut.

Pemulihan tersier, yang juga dikenal sebagai pemulihan minyak yang ditingkatkan, adalah tahap ketiga dalam ekstraksi minyak dari cadangan minyak. Melalui injeksi bahan-bahan kimia, metode tersebut mengeksploitasi minyak yang tidak dapat dikumpulkan pada tahap pemulihan primer dan pemulihan sekunder.

Saat ini, teknologi pemulihan minyak tersier banyak digunakan di reservoir Kelas I dan Kelas II di Ladang Minyak Daqing, dan rasio pemulihan meningkat sebesar 14 persen menjadi 20 persen berdasarkan teknologi pemulihan minyak sekunder.

Ladang Minyak Daqing adalah salah satu basis produksi minyak terbesar di China. Terletak di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, ladang minyak tersebut telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi industri perminyakan modern China.

Ladang Minyak Daqing telah menghasilkan lebih dari 2,4 miliar ton minyak mentah sejak ditemukan pada 1959. Ladang minyak itu menyumbang sekitar 40 persen dari total produksi minyak mentah darat domestik China dalam periode yang sama. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2022