Jakarta (ANTARA) - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) berharap Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan segmen Sadang - Kutanegara dapat diresmikan pada 2023.

"Tahun depan diharapkan peresmian Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan untuk segmen Sadang - Kutanegara," ujar JMT Regional Division Head Widyatmiko Nursejati di Jakarta, Kamis.

Miko berharap setelah diresmikan, jalan tol tersebut bisa langsung dioperasikan secara penuh.

Rencananya pengoperasian Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan berada di bawah JMT.

Saat ini Jalan Tol Japek II Selatan rencananya akan difungsionalkan secara situasional pada arus balik liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Jalan tol tersebut hanya boleh dilalui khusus untuk kendaraan Golongan I seperti sedan dan kendaraan kecil non-bus lainnya.

Jalan Tol Japek II Selatan nantinya akan memiliki tujuh Simpang Susun (SS) yaitu SS Jati Asih, SS Bantar Gebang, SS Setu, SS Sukaragam, SS Sukabungah, SS Kutanegara, dan SS Sadang. Jalan tol ini merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang dengan total panjang 62 kilometer.

Jalan tol Japek II Selatan terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), JORR 2 dan Jalan Tol Cipularang yang merupakan alternatif bagi pengguna jalan dari Jakarta menuju arah Purwakarta, Bandung dan sekitarnya, selain melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting dan Jalan Layang MBZ.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar - Sadang sepanjang 27,85 km.

Basuki berharap jalan tol tersebut bisa diselesaikan seluruhnya pada 2024. Sedangkan untuk Lebaran 2023, diupayakan penyelesaian sampai dengan Gerbang Tol Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gerbang Tol Jati Asih.

Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan diharapkan dapat mendukung pengembangan kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut.

Selain itu juga menjadi alternatif rute masyarakat dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya.

Baca juga: JMT pastikan layanan tol dalam kondisi siap dukung Natal - tahun baru

Baca juga: Transjakarta berikan sanksi terhadap operator JMT

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022