Jakarta (ANTARA) - Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara menghadapi peningkatan jumlah pengunjung menjelang liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 seiring kondisi pandemi COVID-19 yang semakin terkendali.

"Tren peningkatan sudah terjadi di pekan liburan sekolah ya, menjelang Natal dan tahun baru sejak Senin kemarin," kata Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho saat ditemui di lantai dua Walking Drums Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis.

Peningkatan jumlah pengunjung menyebabkan kepadatan pengunjung di sejumlah unit rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, seperti Dunia Fantasi (Dufan).

Pada Kamis siang ada sekitar 10 ribu orang yang berkunjung ke Dufan. "Untuk kawasan Ancol sendiri, terakhir jam 17.00 WIB tadi sudah 27 ribu orang," kata dia.

Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol Budi Aryanto memperkirakan pengunjung Ancol bisa mencapai 120 ribu sampai 130 ribu saat hari terakhir tahun 2022 atau pada 31 Desember 2022.

Baca juga: Sambut libur akhir tahun, Ancol gelar bazar seni di Galeri NAS

Untuk memuaskan kebutuhan rekreasi pengunjungnya, Budi mengatakan, manajemen Taman Impian Jaya Ancol telah menyiapkan sejumlah acara menarik di sejumlah unit rekreasi yang ada.

Seperti di Dufan, ada atraksi Dino Land di panggung teater sejak 17 Desember pukul 14.00 WIB. Teater itu diperankan penjelajah perempuan bernama Naya yang terperangkap di sebuah pulau, bersama aneka spesies Dinosaurus buas yang hidup di dalamnya.

"Ini bisa disaksikan setiap jam dua siang, dan akan mewujudkan imajinasi anak-anak yang datang mengenai hewan purba yang sudah punah lebih dari ratusan tahun yang lalu, yaitu karakter Dino," kata VP Commercial Business Strategy PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ticha Desanti.

Kemudian ada pertunjukan internasional asal Korea Selatan dari film animasi Dino Powers yang baru pertama kali tampil di Indonesia, di area Indoor Dufan pada pukul 15.00 WIB.

Lewat pertunjukan ini, semua pengunjung Dufan akan diajak mengikuti petualangan empat karakter Dino Powers, yaitu Kay, Bandi, Sean dan Toby melindungi dunia dengan pet Dino mereka.

Baca juga: Terdampak pandemi, Ancol masih jadi Taman Rekreasi Favorit

Selain itu, di Dufan juga terdapat Parade Akbar bertemakan Fantasy Wonderland pada 16.30 WIB di panggung teater yang menjadi tempat digelarnya Dino Show.

"Seluruh kegiatan di Dufan ini berlangsung sejak 17 Desember sampai dengan 8 Januari 2023," kata Ticha.

Wahana akuarium terbesar di Indonesia Sea World Ancol menyuguhkan pertunjukan para Santa Claus memberi kado natal berupa makanan kepada ratusan ikan dengan cara menyelam di area akuarium utama Sea World mulai 24 Desember 2022.

Selain itu, ada pula Fish Snow Ball Game yang diadakan di Chrismast Aquarium, magic drawing serta paper craft workshop. Kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan bersama dengan keluarga.

Unit rekreasi lain turut menghadirkan pertunjukan spesial bawah air, seperti Santa and Mermaids khusus pada 24 dan 25 Desember di area Teater Bawah Air Ocean Dream Samudra.

Baca juga: Pengunjung Ancol naik 148 persen sampai September 2022

Selain itu, terdapat pula atraksi "clown magic balloon" dan "street magic" yang menghibur dan berbagi kreasi balon yang lucu untuk anak-anak pada tanggal 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023 juga di Ocean Dream Samudra.

Tapi Mermaids tidak hanya ada di Ocean Dream Samudra, karena karakter mitologi Yunani kuno itu juga akan berenang di kolam renang Atlantis Water Adventures.

Pengunjung bisa menyaksikan bagaimana uniknya para putri duyung itu di Atlantis pada 24 Desember hingga 1 Januari 2023.

Tidak ketinggalan, Atlantis akan mengadakan permainan menyenangkan berhadiah menarik pada periode tersebut.

Melengkapi pilihan destinasi wisata dengan konsep pendidikan dan hiburan (edutainment), Ancol mempersiapkan unit rekreasi terbarunya, yaitu Jakarta Bird Land (JBL) untuk menyambut pengunjung libur akhir tahun nanti.

JBL yang dihuni aneka spesies burung akan dibiarkan terbang bebas di lahan seluas kurang lebih 6.000 meter persegi, di antara unit rekreasi Sea World dan Ocean Dream Samudra.

Baca juga: Ancol gelar eksplorasi burung peringati hari puspa dan satwa nasional

Unit rekreasi ini memiliki enam kawasan yang didominasi spesies berbeda yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird dan Free Range Bird Area.

Area yang paling menarik adalah Sky Bridge. Pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary dari atas.

Tidak hanya itu, Pasar Seni Ancol juga turut memeriahkan pekan liburan natal dan tahun baru nanti dengan mengadakan Bazar Seni bertajuk ART-Fordable (produk seni berharga terjangkau).

Terdapat sekitar 100 lebih karya seni dari 42 seniman yang terdiri dari berbagai jenis karya seperti kain tenun, batik, seni kriya dan juga lukisan bisa ditemui dalam acara ini.

Selain itu para pelukis akan mengatraksikan cara melukisnya secara langsung "live painting" dan juga pembuatan sketsa dan siluet wajah serta lokakarya seni kriya hingga musik akustik yang akan menambah kemeriahan acara.

Sesuai dengan judulnya, karya seni yang di sini ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Pameran akan berlangsung hingga 5 Januari 2023 di Galeri North Art Space (NAS) Pasar Seni Ancol dan dibuka mulai pukul 09.00-20.00 WIB.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022