Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat Revi Zulkarnaen mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada kenaikan tarif angkutan, meskipun terjadi peningkatan penumpang menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Jadi, untuk sampai saat ini tidak ada kenaikan tarif angkutan. Saya belum temui karena memang untuk aturan tarif, tarif ekonomi itu diatur oleh pemerintah,” kata Revi kepada ANTARA di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat.

Akan tetapi, untuk tarif bus nonekonomi, contohnya bus eksekutif diserahkan kepada perusahaan masing-masing dengan syarat tidak boleh melebihi tarif batas atas dan tarif batas bawah yang sudah ditentukan.

Selain itu, katanya, apabila perusahaan tersebut memutuskan untuk melakukan perubahan tarif tiket bus nonekonomi, maka wajib diumumkan di loket penjualan tiket guna memberitahu masyarakat.

Baca juga: Kadishub DKI sebut penumpang Terminal Kalideres naik 100 persen
Baca juga: Terminal Kalideres buka gerai vaksin selama libur Natal dan tahun baru


“Supaya masyarakat bisa memilih berapa tarifnya dengan fasilitas yang diberikan. Nanti, apabila ada tarif yang terlalu mahal, bisa saja mendapat sanksi sosial dari masyarakat. Masyarakat memilih angkutan yang lain,” kata Revi.

Revi memperkirakan jumlah penumpang yang akan berangkat pada hari Jumat (23/12) mencapai 1.000 penumpang karena pada 19.00 WIB jumlah penumpang telah mencapai 938 orang dengan jumlah bus yang diberangkatkan sebanyak 83 unit.

“Diperkirakan hari ini adalah puncaknya, dan diperkirakan jumlahnya hari ini bisa mencapai 1.000 penumpang,” kata Revi.

Dalam sepekan, lonjakan jumlah penumpang di Terminal Kalideres telah terlihat sejak 21 Desember 2022. Penumpang yang biasanya hanya 300-400 orang per hari, pada 21 Desember 2022 telah meningkat menjadi 626 penumpang dengan bus yang berangkat sebanyak 80 unit.

Sedangkan, pada Kamis, 22 Desember 2022, penumpang bertambah menjadi 759 orang dengan bus yang berangkat sebanyak 97 unit.

“Kemungkinan peningkatan hari ini bisa mencapai, ya, maksimal sampai 150 persen daripada hari biasa,” kata Revi.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022