Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (23/12), angka penerima vaksin dosis ketiga COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 68,2 juta orang, ada pula berita tentang BNPB memperkuat rencana penanggulangan kedaruratan bencana (RPKB) dengan studi literatur penyusunan dokumen kesiapsiagaan

Selain itu, ada warta mengenai pameran foto LKBN ANTARA dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI), hingga berita persiapan pelaksanaan ibadah Natal 2022. Berita tersebut dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

1. 68,2 juta orang sudah terima dosis ketiga vaksin COVID-19

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat sebanyak 68.201.141 orang sudah menerima dosis ketiga atau booster pertama dari vaksin COVID-19, setelah bertambah 19.402 orang hingga Jumat pukul 12.00 WIB.

Dalam data Satgas yang ANTARA terima di Jakarta penambahan juga terjadi pada penerima dosis pertama yang sekarang mencapai 203.952.641 orang, bertambah 4.718 orang dari hari sebelumnya.

174.666.157 orang juga sudah mendapatkan dosis kedua atau dosis lengkap. Mengalami peningkatan sebanyak 5.994 orang.

2. Pameran foto LKBN ANTARA-BOB soroti geliat pariwisata jelang endemi

Pameran foto bertajuk "Bangkit Menuju Endemi featuring Jawimajinasi" yang dihelat Perum Lembaga Kantor Berita Antara bersama Badan Otorita Borobudur (BOB), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) menyoroti geliat kebangkitan pariwisata Indonesia menyongsong endemi COVID-19

Pameran kolaborasi itu berlangsung di Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

"Kita sedikit lagi lepas dari pandemi. Tempat-tempat destiansi wisata beserta tingkat kunjungannya sudah mulai bangkit lagi dan segala aktivitas sudah berjalan menuju endemi," ujar kurator pameran Ismar Patrizki saat pembukaan pameran di Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Jumat.

3. BNPB perkuat RPKB dengan studi literatur susun dokumen kesiapsiagaan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkuat rencana penanggulangan kedaruratan bencana atau RPKB dengan studi literatur penyusunan dokumen kesiapsiagaan.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana BNPB Berton Suar Pelita Panjaitan dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, menyampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mengurangi risiko bencana.
​​​​​​
4. Lalu lintas Puncak Bogor normal pada H-2 Natal

Arus lalu lintas kendaraan baik sepeda motor maupun mobil jalur Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat terpantau masih normal pada H-2 Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Jumat (23/12) malam.

Nampak kendaraan mobil begitu lancar melintas dari arah pintu keluar tol Jagorawi di Simpang Gadog menuju Puncak Bogor. Begitupun dengan sepeda motor yang datang dari arah Ciawi menuju arah yang sama.

Jika dilihat dari keseharian akhir pekan dan momentum hari libur pada umumnya, kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak Bogor saat ini masih cukup normal dengan rata-rata kecepatan 20 sampai 40 kilometer per jam.

5. Katedral Jakarta siapkan tempat parkir bagi peserta Misa Natal

Pengurus Gereja Katedral Jakarta telah menyiapkan beberapa tempat parkir kendaraan di area sekitar gereja yang dapat digunakan oleh jemaat yang akan mengikuti Misa Natal 2022 secara langsung.

"Kita sudah menyiapkan sejumlah kantong-kantong parkir di sekitar kompleks Gereja Katedral dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak," kata Pastor Kepala Katedral Romo Hani Rudi Hartoko di Jakarta, Jumat.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022