Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggencarkan kegiatan bersih-bersih di sejumlah gereja menjelang perayaan Natal dengan mengerahkan puluhan personel demi meningkatkan kenyamanan ibadah jemaat.

"Pembersihan tiap gereja di Jakarta Selatan sejak 21 Desember dan masih berlangsung hingga saat ini agar warga yang beribadah nyaman karena lingkungannya bersih," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan Mohamad Amin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Amin menyebutkan 40 personel dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan membersihkan gereja dan memastikan lokasi bebas sampah di setiap kecamatan di wilayah itu.

Hingga malam ini, Amin menyebutkan para personel tersebut masih terus melakukan kegiatan bersih-bersih sehingga pihaknya masih memonitor dan menunggu laporan terbaru mengenai jumlah petugas, lokasi, maupun dokumentasi.

Kendati demikian, kata dia, pihak gereja juga berinisiatif memberikan secara mandiri agar kebersihan tempat ibadah dapat terjaga secara maksimal.

"Setiap petugas kebersihan akan dipastikan ada di gereja untuk membersihkan sampah setelah perayaan Natal di wilayah masing-masing," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menjadwalkan petugas guna menanggulangi sampah untuk pergantian tahun baru yang sudah menjadi giat rutin tahunan.

Berdasarkan data yang dibagikan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan per pukul 18.00 WIB telah mencatat 27 gereja siap digunakan. Dia berharap lokasi lainnya akan bertambah untuk melengkapi perayaan Natal.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 1.760 petugas untuk menjaga kebersihan selama perayaan Natal, termasuk tempat wisata.

"Kami instruksikan seluruh suku dinas dan pelaksana di tiap kecamatan mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja," kata Kepala DLH DKI Asep Kuswanto di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menko PMK Muhadjir pantau kesiapan perayaan Natal 2022 di Madiun
Baca juga: Arus lalu lintas Puncak Bogor lancar di malam Natal

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022