Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 176 mahasiswa berprestasi dari daerah itu menerima beasiswa dari pemerintah daerah setempat.

"Alhamdulillah program pemberian beasiswa mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas umum terhitung 21 Desember lalu sudah disalurkan kepada 176 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi," kata Kepala Dikbud Rejang Lebong Rezza Fakhlevie di Rejang Lebong, Rabu.

Baca juga: 178 mahasiswa terima bantuan program beasiswa dari Pemprov Jambi

Dia menjelaskan, beasiswa dari Pemkab Rejang Lebong tersebut diberikan kepada mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta di berbagai daerah.

Anggaran beasiswa dari Pemkab Rejang Lebong ini, kata dia, jumlah keseluruhannya mencapai Rp900 juta, di mana penerimanya adalah mahasiswa fakultas kedokteran maupun dari fakultas lain yang memenuhi persyaratan.

Baca juga: 241 mahasiswa baru di Kabupaten Kediri dapat beasiswa

Besaran beasiswa yang diberikan kepada masing-masing penerima itu disesuaikan dengan uang kuliah tunggal atau UKT masing-masing universitas. Beasiswa diberikan untuk satu tahun berjalan yakni biaya kuliah yang dibayarkan setiap semester.

Menurut dia, program beasiswa mahasiswa berprestasi itu sesuai dengan misi visi bupati dan wakil bupati Rejang Lebong pada kampanye Pilkada serentak 2020 lalu.

Baca juga: Ratusan mahasiswa IAIN Kendari dibantu beasiswa Pemkab Bombana

Dia berharap bantuan beasiswa ini bisa meringankan beban orang tua para mahasiswa guna membayar uang kuliah, sehingga ke depannya mereka bisa memberikan prestasi yang lebih baik lagi.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022