Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (28/12), mulai dari Polri menyiagakan personel dan sarana prasarana untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di seluruh Indonesia hingga Kejaksaan Agung menerima 641 pengaduan terkait mafia tanah yang dilayangkan oleh masyarakat,

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Polri siagakan personel SAR antisipasi cuaca ekstrem seluruh Indonesia

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiagakan personel dan sarana prasarana untuk menghadapi situasi kontijensi bencana alam yang diprediksi terjadi saat cuaca ekstrem melanda.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu mengatakan Polri melakukan analisis dan evaluasi yang dipimpin oleh Wakapolri terkait adanya potensi cuaca ekstrem di Tanah Air, kemudian meminta seluruh personel di wilayah untuk siaga.

Selengkapnya baca di sini.

2. Kejagung terima 641 aduan terkait mafia tanah

Kejaksaan Agung menerima 641 pengaduan terkait mafia tanah yang dilayangkan oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia melalui sarana aduan khusus (hotline) selama periode Januari hingga 5 Desember 2022.

“Jumlah ini bukan jumlah yang sedikit,” kata Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dalam kunjungan kerja virtual, yang disiarkan melalui siaran pers Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) Kejaksaan Agung di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Polri sebut pengamanan Piala AFF kedepankan keselamatan

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol Agung Setya Imam Efendy mengatakan Polri mengedepankan keselamatan dalam pengamanan pertandingan Piala AFF 2022 antara Indonesia lawan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (29/12) besok.

“Saat ini Polri tengah melakukan transformasi pengamanan sepak bola yang lebih humanis. Dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan,” kata Agung dalam acara Tactical Floor Game (TFG) pengamanan pertandingan Indonesia lawan Thailand di GBK, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. TNI-Polri siap mengamankan kedatangan Jokowi di Bandara Lombok

Aparat gabungan TNI-Polri di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat siap untuk mengamankan kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bandar Internasional Lombok, Kamis (29/12).

"Langkah ini adalah untuk memastikan kesiapan seluruh pasukan dalam mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Presiden RI ketika berada di bandara," kata Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Kav Andi Yusuf usai apel gelar pasukan pengamanan VVIP, di halaman VIP Bandara Lombok, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. KY usul kewenangan penyadapan bersifat independen

Komisi Yudisial (KY) mengusulkan kepada DPR RI agar lembaga tersebut memiliki kewenangan penyadapan yang bersifat independen, sehingga tidak harus bekerja sama dengan lembaga penegak hukum lain sebagaimana ketentuan saat ini.

"Kami akan mencoba mengusulkan kepada DPR bahwa kewenangan KY tidak bekerja sama dengan aparat hukum lain, tetapi kewenangan penyadapan KY bersifat mandiri," kata Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi KY Joko Sasmito di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022