Kiev (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan tahun depan akan menjadi tahun yang menentukan bagi Ukraina, seperti dilansir biro pers kepresidenan pada Selasa (27/12) malam waktu setempat.

"Tahun depan pasti menjadi tahun yang krusial. Kami memahami risikonya pada musim dingin, kami memahami apa yang harus kami lakukan pada musim semi, dan oleh karena itu kami memahami hasil apa yang harus ditunjukkan oleh seluruh sektor pertahanan dan keamanan," kata Zelensky dalam sebuah pidato video.

Otoritas berwenang Ukraina terus mempersiapkan pasukan pertahanan dan keamanan negara untuk tahun 2023, kata Zelensky.

Mengenai tujuan utama Ukraina dalam waktu dekat, Zelensky menyebut kembalinya warga ke rumah mereka, penguatan hubungan lebih lanjut dengan mitra-mitra utama, dan pembukaan peluang baru bagi Ukraina di dunia.

Pemerintah akan mengintensifkan upaya pada tahun mendatang guna menjamin kekuatan perbankan dan sistem keuangan negara, papar Zelensky, menambahkan bahwa Ukraina telah siap untuk berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) 2023 yang dijadwalkan di Davos, Swiss, 16-20 Januari mendatang.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022