Jakarta (ANTARA) - Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi meminta masyarakat yang ingin berpergian untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih terjadi hingga menjelang akhir tahun.

"Apalagi sebelumnya sempat ada wisatawan di Karimunjawa, Jawa Tengah, yang terjebak cuaca buruk, tetapi semua wisatawan berhasil dievakuasi dengan aman oleh petugas gabungan. Masyarakat diharapkan lebih waspada terhadap potensi cuaca ekstrem,” kata Agung di Jakarta, Kamis.

Menjelang pergantian tahun, katanya, mobilisasi masyarakat yang ingin berwisata maupun pulang ke kampung halaman meningkat.

Untuk di kawasan Pelabuhan Merak, Banten, Agung menyebutkan pengelola telah membuka enam dermaga penyeberangan untuk hari ini (Kamis).

“Informasi terkini enam dermaga di Pelabuhan Merak telah dibuka sejak pukul 06.00 WIB, tanggal 29 Desember 2022,” katanya.

Enam dermaga itu, katanya, lima dermaga umum dan satu dermaga eksekutif.

Baca juga: Penumpang pesawat di Bandara Soetta capai 117 ribu lebih
Baca juga: Puncak peningkatan penumpang di Bandara Soetta diprediksi hari ini


Agung mengimbau pengguna jasa transportasi laut untuk mematuhi peraturan demi menjaga kelancaran arus lalu lintas kendaraan di pelabuhan.

“Seluruh pengguna jasa transportasi laut diharapkan mengikuti anjuran otoritas transportasi laut sehingga keamanan dan kelancaran transportasi laut bisa terjaga,” kata Agung.

Terpisah, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo usai meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mengatakan kondisi keamanan H-2 Tahun Baru 2022 berjalan kondusif, aman, dan terkendali.

Menurut dia, kepolisian, pengelola bandara, dan pemangku kepentingan terkait telah mengantisipasi apabila terjadi lonjakan penumpang pada tanggal 30, 31 Desember 2022 hingga tanggal 1 dan 2 Januari 2023.

“Polri memonitor perkembangan situasi cuaca penting, jadi rencana-rencana kontijensi Polres Bandara Soetta, dan Angkasa Pura terus mengkomunikasikan apabila terjadi hal-hal sifatnya kontijensi kami siap,” kata Dedi.

Polri memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2023 terjadi pada tanggal 1 dan 2 Januari 2023.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022