Jakarta (ANTARA) - Para idola K-pop akhirnya kembali menginjakkan kaki di Indonesia untuk bertemu para penggemar mereka setelah sempat dua tahun rehat akibat pandemi COVID-19.

Sepanjang tahun 2022, tercatat sejumlah grup dan aktor Negeri Ginseng menggelar konser maupun acara jumpa penggemar. Beberapa di antara idola ini baru kali pertama tampil di Indonesia, dan sebagian lain bahkan sudah lebih dari dua kali berjumpa para penggemar di Tanah Air.

Salah satu idola bahkan menggelar acara hingga tiga kali dalam kurun waktu setahun. Siapa saja mereka yang datang di masa pandemi COVID-19?
Berikut di antaranya berdasarkan catatan ANTARA:

SEVENTEEN
 
Grup idola K-pop SEVENTEEN dalam gelaran konser "[BE THE SUN] IN JAKARTA di ICE BSD City, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
 

Grup idola K-pop beranggotakan 13 personel ini sebenarnya hampir setiap tahun sejak 2017 mampir ke Indonesia dalam gelaran konser solo mereka. Setelah dua tahun absen karena pandemi COVID-19, SEVENTEEN kembali menggelar konser di Tanah Air, bertajuk "[BE THE SUN] - JAKARTA" pada 24 dan 25 September 2022 di ICE BSD City, Tangerang.

Tak cukup dua hari, mereka lalu menambah waktu konser sehari pada 28 Desember 2022 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno. Konser kali ketiga SEVENTEEN itu berbeda dari sebelumnya karena berlangsung di luar ruang dan berlangsung tiga jam di tengah hujan.

Vernon membawakan mixtape solonya, seperti Jun yang menyanyikan singkat lagu "LIMBO" dalam konser sebelumnya. Sayangnya, THE 8 tak dapat berpartisipasi bersama grupnya dalam penampilan pamungkas rangkaian tur konser "[BE THE SUN]" itu, karena terkena flu.

Baca juga: Tiga jam bersama SEVENTEEN ditemani hujan

Baca juga: Delapan momen SEVENTEEN "[BE THE SUN] IN JAKARTA" hari pertama


Halaman selanjutnya: TREASURE, Jun.K 2PM, Young Tak dan Zion.T
TREASURE, Jun.K 2PM, Young Tak dan Zion.T
 
Grup idola K-pop TREASURE dalam gelaran konser "SARANGHAEYO INDONESIA 2022" di Istora Senayan, Jakarta pada Sabtu (10/12/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup idola K-pop TREASURE tampil perdana di hadapan para TREASURE MAKER (TEUME) Indonesia dalam rangkaian konser "SARANGHAEYO INDONESIA 2022" pada 10 Desember 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Kala itu, mereka membawakan sederet lagu populer seperti "HELLO", "DARARI" versi rock, "JIKJIN", "BOY", "MY TREASURE", "MMM" dan "I LOVE YOU".

Baca juga: Perdana jumpa TEUME Indonesia, TREASURE tampilkan "Hello" hingga puisi

Sebelumnya, Jun.K dari grup idola 2PM tampil membawakan lagu solonya, berjudul "Alive pt.2", "My House", "THINK ABOUT YOU", "YOUNG FOREVER", "Everest", serta kompilasi lagu 2PM "Heartbeat" dan "Again & Again".

Baca juga: Jun.K 2 PM akhirnya tampil dan jumpa Hottest Indonesia setelah 7 tahun

Dalam konser serupa, penyanyi trot Young Tak membawakan lagu milik penyanyi Pamungkas berjudul "To The Bone" dan lagu populer "Jjiniya". Sementara itu, penyanyi R&B Zion.T menyanyikan "The Song", "Eat", "Snow" dan "Yanghwa BRDG".

Baca juga: Young Tak bawakan lagu Pamungkas, Zion.T hadirkan lagi "The Song"

Ji Chang-wook
 
Aktor Ji Chang-wook dalam konferensi pers menjelang acara "2022 JI CHANG WOOK FAN MEETING 'Reach You' IN JAKARTA", Jumat (2/12/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Aktor asal Korea Selatan ini tampil perdana di Indonesia melalui acara "2022 JI CHANG WOOK FAN MEETING 'Reach You' IN JAKARTA" pada 3 Desember 2022. Selama hampir 2,5 jam dia menghadirkan berbagai penampilan mulai dari aksi unjuk suara hingga sulap.

Ji Chang-wook mengaku bahagia bisa benar-benar datang ke Indonesia setelah hampir tiga tahun mengurungkan keinginannya karena pandemi COVID-19.

Baca juga: 150 menit bersama Ji Chang-wook di Jakarta

Baca juga: Ji Chang-wook bawakan lagu tema dramanya di Jakarta


Halaman selanjutnya: Stray Kids, NCT 127
Stray Kids
Grup idola K-pop Stray Kids saat menggelar konser bertajuk “MANIAC” in JAKARTA” pada 13 November 2022 di Beach City International Stadium. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup beranggotakan delapan personel itu yakni Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N itu tampil dua hari dalam konser bertajuk "MANIAC" di Beach City International Stadium pada 12 dan 13 November 2022.

Selama hampir tiga jam mereka membawakan lagu-lagu hit termasuk "MANIAC" dan "MIROH" serta lagu utama dalam album baru "MAXIDENT", dalam konser kedua itu.

Bang Chan mempersembahkan lagu "Dekat di Hati" milik grup RAN, yang membuat para penggemar atau STAY menjerit. Tak hanya bernyanyi, Stray Kids juga berusaha mengejutkan penggemar dengan aksi seka keringat dan pamer otot perut.

Baca juga: Kumpulan momen Stray Kids "MANIAC" Jakarta hari kedua

Baca juga: Lee Know Stray Kids punya misi tersisa di Jakarta, apa itu?


NCT 127
 
Grup idola K-pop NCT 127 usai menggelar konser NCT 127 2ND Tour "NEO CITY: JAKARTA - THE LINK" di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang pada Sabtu (5/11/2022). (twitter.com/NCTsmtown_127)


Grup idola K-pop yang bernaung di agensi SM Entertainment itu menggelar konser perdana di Indonesia melalui "NEO CITY: JAKARTA - THE LINK" pada 4 dan 5 November 2022. Tak hanya bernyanyi, grup dengan sembilan personel itu juga menghibur penggemar atau NCTzen dengan memamerkan kemampuan berbicara kata dalam Bahasa Indonesia termasuk laras informal, hingga rayuan untuk penggemar.

Sayangnya, konser hari pertama harus berhenti sebelum waktunya karena situasi tak kondusif. Polisi melaporkan sebanyak 30 orang penonton pingsan. Akibatnya, tak ada penampilan encore apalagi salam perpisahan untuk NCTzen.

Baca juga: NCT 127 "NEO CITY: JAKARTA - THE LINK", rindu dan momen yang hilang

Baca juga: NCT 127 tampil serba putih buka konser di Indonesia lewat "Kick It"


Halaman selanjutnya: Super Junior, (G)I-DLE
Super Junior
 
Grup idola K-pop Super Junior dalam gelaran konser "SUPER SHOW 9: ROAD in Jakarta" yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang pada Sabtu (17/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Pelantun "Superman" itu kembali ke Indonesia dalam konser "SUPER SHOW 9: ROAD in JAKARTA" pada 17 September 2022 sejak konser "SUPER SHOW 8: INFINTE TIME" pada 11 Januari 2020.

Seperti biasa, mereka tak hanya membawakan sederet lagu populer dan terbaru tetapi juga merayu penggemar dan melakukan parodi yang dibalas jeritan antusias para E.L.F.

Super Junior juga mencurahkan isi hati mereka di sela konser, termasuk sang pemimpin Leeteuk yang menunjukkan pengertiannya pada para penggemar walau mungkin membalutnya dengan canda.

Baca juga: Kembalinya Super Junior ke Indonesia lewat "Super" konser

Baca juga: Pengertian berbalut canda ala Leeteuk Super Junior


(G)I-DLE
 
Penampilan (G)-IDLE dalam konser tunggal perdananya bertajuk "(G)I-DLE WORLD TOUR [JUST ME ( )I-DLE] IN JAKARTA" yang dihelat di The Kasablanka Hall pada Sabtu (27/8/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Grup idola K-pop wanita ini tampil enerjik mengguncak panggung konser tunggal perdananya bertajuk "(G)I-DLE WORLD TOUR [JUST ME] (G)I-DLE IN JAKARTA" pada 27 Agustus 2022 di Jakarta.

Kelima personel itu membuka penampilan mereka dengan lagu "Oh My God" yang membuat para Neverland atau penggemar mereka ikut bernyanyi dan melantunkan fan chant dengan lantang. Tak hanya lagu grup, lagu-lagu solo personel juga dibawakan saat itu. Pemimpin grup Soyeon bhkan merayakan ulang tahun bersama penggemar.

Baca juga: (G)-IDLE tampil penuh energi di konser perdananya di Jakarta

Baca juga: Besok, (G)-IDLE tampil di konser tunggal perdana di Jakarta


Halaman selanjutnya: The Boyz
​​​​​​​The Boyz
​​​​​​​
Penampilan THE BOYZ dalam konser bertajuk “The B-Zone” yang dihelat di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Senin (11/7/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Grup The Boyz menjadi pembuka gelaran konser idola K-pop di Indonesia pada masa pandemi COVID-19, melalui acara bertajuk "THE B-ZONE IN JAKARTA" pada 11 Juli 2022 yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Konser ini mundur sehari dari semula 10 Juli 2022 karena menghormati perayaan Idul Adha.

Namun, salah satu personel grup yakni Eric tak dapat bergabung dengan rekan-rekannya karena mengalami masalah kesehatan.

Dalam konser, pemenang "Road to Kingdom" itu membawakan lagu hit seperti "Stealer" dan "CHECKMATE" serta lagu-lagu semangat antara lain "Whiplash", "Dancing Till We Drop" dan "Break your rules".

Para penggemar The Boyz atau The B mengeluarkan kejutan mereka untuk para idola dengan menyanyikan lagu "Daydream" menjelang panggung encore. Mendengar itu, The Boyz mengaku tersentuh. Pemimpin grup Sangyeon berharap dapat bertemu kembali para The B Indonesia. Kevin menutup salam perpisahan saat itu dengan mengatakan, "Sampai jumpa lagi, nanti bersama Eric, ya! Kami sangat cinta kalian".

Baca juga: THE BOYZ sukses guncang panggung "The B-Zone" di Jakarta

Baca juga: THE BOYZ ungkap kesan dan kerinduan mereka dengan Indonesia

Baca juga: The Boyz sebut EP "Be Aware" jadi hadiah untuk para penggemar
 

BTOB, PENTAGON, Gaho & Kave
 
Grup idola K-pop BTOB, PENTAGON dan solois K-pop Gaho beserta grup Kave dalam gelaran konser "Chotha Fest 2022" yang berlangsung di Jakarta pada Sabtu (27/8/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup idola K-pop BTOB dan PENTAGON bersama solois K-pop Gaho dan grup Kave menemani para penggemar mereka di Jakarta melalui penampilan panggung yang mengundang tawa hingga antusiasme pada 27 Agustus 2022 dalam konser “Chotha Fest 2022”.  

Gaho & Kave mengawali konser dengan membawakan salah satu lagu tema drama “Itaewon Class” berjudul “Start Over”, dilanjutkan lagu tema drama “Start Up” dan lagu “Beautiful Night”.

Setelahnya, PENTAGON yang pernah menyambangi Jakarta pada tahun 2019 melalui gelaran konser solo itu menampilkan sederet lagu hit mereka seperti “Feelin’ Like”, “Sparkling Night”, “Call My Name”, “Beautiful Goodbye”, “Baby I Love You” dan “DO or NOT”.

Berbeda dari tiga tahun lalu, saat itu PENTANGON hanya diwakili enam personel yakni Kino, Yeo One, Jinho, Yuto, Shinwon dan Wooseok. Tiga personel lain yakni Hui sekaligus pemimpin grup dan Hongseok masih menjalani wajib militer sementara Yan An berhalangan hadir.

Sementara BTOB hanya tampil dengan empat personel yakni Eunkwang sang pemimpin grup, Hyunsik, Changsub dan Minhyuk atau minus Sungjae dan Peniel.

Mereka memulai penampilan perdana setelah empat tahun dengan membawakan lagu “Only One For Me” diikuti “Dreamer”, “The Song” dan “Beautiful Pain”.

Baca juga: BTOB, PENTAGON, Gaho & Kave temani malam minggu penggemar di Jakarta

iKON
 
Grup idola K-pop iKON saat tampil dalam festival musik JISPHORIA di Jakarta International Stadium pada Sabtu (1/10/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup yang dulu pernah bernaung di agensi YG Entertainmant itu tampil dalam festival musik JISPHORIA di Jakarta International Stadium pada 1 Oktober 2022. 

Mereka tampil energik, bergerak ke sana kemari mengikuti koreografi setiap lagu dan berkali-kali membuat para iKONIC menjerit karena mencoba mendekat ke arah mereka. Sejumlah lagu yang mereka bawakan antara lain i "Sinosijak", "Rhythm Ta", "But You" dan "Dragon".

Itu kali pertama iKON tampil di Jakarta tanpa kehadiran sang leader B.I., yang meninggalkan grup karena tersandung kasus.

Baca juga: iKON: Kalian gokil!

Baca juga: Junhoe iKON akan debut layar kaca lewat serial baru

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022