Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengamankan sebanyak 66 titik lokasi keramaian saat malam tahun baru 2023 untuk menjaga situasi kamtibmas tetap terjaga kondusif.

"Selain lokasi acara yang menyedot banyak penonton, pengaturan arus lalu lintas juga menjadi fokus kami agar tidak terjadi kemacetan parah," kata Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono di Banjarmasin, Sabtu.

Salah satu yang dipertebal Polda pengamanannya Banjarmasin sebagai kota terbesar dan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di Kalsel.

Agung menyebut sebanyak 1.100 personel gabungan dikerahkan untuk membantu Polresta Banjarmasin mengamankan kota setempat.

Selain penjagaan di beberapa titik yang menjadi pusat berkumpulnya massa, polisi juga berpatroli keliling kota termasuk patroli dialogis ke kawasan pemukiman.

Menurut dia, kawasan perumahan warga penting dipastikan pula keamanannya dikarenakan rawan terjadi tindak pidana pencurian mengingat cukup banyak warga yang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong.

"Kebiasaan masyarakat kan malam tahun baru keluar rumah bahkan ada juga menginap di hotel misalnya liburan, ini yang perlu kita waspadai," jelasnya didampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo.

Kemudian Agung mengimbau masyarakat agar tetap berperilaku positif dalam merayakan malam pergantian tahun sehingga tidak menimbulkan gangguan keamanan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022