Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa hukum di wilayah DKI Jakarta terjadi di sepanjang Sabtu (31/12/2022), antara lain capaian jumlah penanganan kasus oleh Polda Metro Jaya selama 2022 hingga kasus mutilasi di Tambun, Kota Bekasi

Berikut rangkumannya dan diharapkan bisa jadi referensi Anda pada hari pertama 2023 ini. 

1.Polda Metro Jaya selesaikan 89 persen kasus kejahatan sepanjang 2022

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya berhasil menyelesaikan 89 persen dari 36.608 kasus kejahatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Di wilayah hukum Polda Metro Jaya tahun 2022 terjadi tindak pidana sebanyak 36.608 kasus dan dapat diselesaikan sebanyak 32.700 kasus. Kejahatan atau 'crime' total di tahun 2022 dapat diselesaikan sebanyak 89 persen kasus," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Sabtu.

Fadil menerangkan 11 persen atau 3.908 kasus merupakan kasus yang masih berjalan proses hukumnya.

Dia menjelaskan kasus tersebut adalah kasus yang proses penyelidikan hingga penyidikan memakan waktu yang cukup panjang.

Selengkapnya bisa baca di sini


2. Terjadi 742 kecelakaan lalu lintas di Jakut sepanjang 2022

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 742 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di Jakarta Utara sepanjang 2022 hingga Sabtu (31/12) dan mengakibatkan 135 korban meninggal dunia.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Wibowo mengungkap, 81,8 persen dari jumlah kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di Jakarta Utara sepanjang 2022 itu telah selesai.

Kecelakaan itu melibatkan kendaraan roda dua seperti sepeda motor, roda empat seperti mobil pribadi hingga roda banyak seperti truk trailer dan sejenisnya.

"Untuk lakalantas ini, kami sampaikan juga di tahun 2022 terjadi sebanyak 742 kasus dengan penyelesaian sebanyak 602 kasus atau sebesar 81,8 persen," kata Wibowo di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu.

Total korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Jakarta Utara selama 2022 mencapai 135 orang. "Untuk korban meninggal dunia sebanyak 135 orang," kata Wibowo.

Selengkapnya bisa baca di sini


3. Polda Metro Jaya usut kasus mutilasi di Tambun

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengusut kasus penemuan mayat perempuan korban mutilasi di dalam kontainer plastik pada sebuah kontrakan di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan, penemuan mayat korban mutilasi tersebut berawal dari laporan orang hilang di Polsek Bantar Gebang. Seseorang yang dilaporkan hilang adalah pria berinisial MEL.

"Kita awalnya mendapatkan laporan dari masyarakat tentang ada seorang laki-laki yang hilang. Kemudian kami menurunkan tim Resmob (Reserse Mobile) untuk menyelidiki keberadaan pria ini," kata Hengki di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya bisa baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023