Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa memperpanjang kenaikan pada awal perdagangan Selasa, karena investor menunggu data harga konsumen dari Jerman, ekonomi terbesar di kawasan itu, sebagai petunjuk tentang inflasi di zona euro.

Indeks STOXX 600 kawasan itu terangkat 0,5 persen pada 08.10 GMT, didukung oleh saham sektor keuangan dan konsumer-non primer.

Investor fokus pada data IHK (Indeks Harga Konsumen) Jerman, yang akan dirilis pada pukul 13.00 GMT, yang dapat menawarkan lebih banyak petunjuk jika tekanan biaya di zona euro telah melemah setelah jalur pengetatan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa yang agresif.

Harga konsumen Jerman, yang diselaraskan dengan perbandingan negara-negara Uni Eropa lainnya, diperkirakan naik 10,7 persen pada tahun yang berakhir Desember dalam pembacaan awal, dibandingkan dengan kenaikan 11,3 persen pada November.

Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne mengatakan inflasi diperkirakan akan mencapai puncaknya pada awal 2023 sebelum kemudian mundur.

Saham-saham Eropa mengakhiri sesi pertama tahun ini 1,6 persen lebih tinggi pada Senin (2/1/2023) setelah data manufaktur zona euro menunjukkan yang terburuk telah berlalu karena rantai pasokan mulai pulih dan tekanan inflasi mereda.

Indeks FTSE 100 Inggris, yang telah ditutup sejak sesi singkat pada Jumat (30/12/2022), naik 1,1 persen pada awal sesi perdagangan pertama tahun 2023.

Brenntag Jerman melonjak 5,0 persen, setelah perusahaan distributor bahan kimia itu mengungkapkan akan mengakhiri pembicaraan dengan Univar Solutions saingan AS yang lebih kecil tentang kemungkinan pengambilalihan.

Baca juga: Saham Asia dibuka melemah, tertekan kekhawatiran lonjakan COVID China
Baca juga: Saham Eropa memulai 2023 dengan optimis, didorong data manufaktur
Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat pada sesi perdagangan pertama 2023

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023