Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Luiz Inacio Lula da Silva atas pelantikannya sebagai presiden Republik Federasi Brasil, Senin (2/1).

Dalam pesannya, Xi menunjukkan bahwa China dan Brasil adalah negara berkembang utama dengan pengaruh global dan pasar negara berkembang yang penting.

Kedua negara adalah mitra strategis komprehensif yang berbagi kepentingan umum secara ekstensif dan memikul tanggung jawab pembangunan bersama, imbuh Xi.

Sejak peresmian hubungan diplomatik 48 tahun lalu, hubungan bilateral antara kedua negara menunjukkan perkembangan yang berkelanjutan dan mendalam berkat upaya bersama dari kedua pihak, serta menjadi semakin matang dan dinamis, tutur Xi. Dia juga menambahkan bahwa hubungan China-Brasil menjadi model hubungan antara negara-negara berkembang besar yang kaya makna dan memiliki prospek luas.

Xi juga mengatakan bahwa dia sangat mengutamakan pengembangan kemitraan strategis komprehensif China-Brasil, dan bersedia bekerja sama dengan Lula untuk terus saling memberikan dukungan kuat dalam mengambil jalur pembangunan yang sejalan dengan kondisi nasional masing-masing, saling menghormati kepentingan inti masing-masing, mendorong kerja sama praktis mereka, memperkuat koordinasi multilateral, serta memimpin dan mendorong kemitraan ke level yang lebih tinggi dari perspektif strategis dan jangka panjang, sehingga lebih menguntungkan kedua negara dan rakyatnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2023