Padang (ANTARA) - Dua agenda wisata menarik akan menyambut wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat pada Januari 2023 yaitu Jelajah Kuliner dan Pentas Budaya Multi Etnis.

"Dua agenda wisata ini dari Pasaman Barat. Wisatawan bisa menikmati Jelajah Kuliner pada 14-15 Januari, sementara Pentas Budaya Multietnis digelar 21-22 Januari 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda di Padang, Rabu.

Ia mengatakan Jelajah Kuliner akan menyajikan beragam menu kuliner khas dari berbagai nagari/ desa di Pasaman Barat. Beberapa dari kuliner itu memang hanya bisa ditemukan di Pasaman Barat.

Baca juga: Pemprov Jatim agendakan 254 kegiatan pariwisata sepanjang 2023

Beberapa kuliner khas Pasaman Barat itu di antaranya Gulai Langkitang Lado Kutu. Kuliner ini memiliki siput sawah sebagai bahan utama. Siput itu diolah menjadi gulai berwarna kuning kemerahan dengan citarasa pedas.

Kuliner khas lainnya yaitu Gulai Sabo yang merupakan olahan berkuah santan dengan bahan dasar hasil laut seperti ikan, udang hingga kepiting. Citarasa pedas asin dari kuah yang agak kental akan memanjakan lidah wisatawan.

Gulai Hiu menjadi kuliner khas Pasaman Barat yang bisa memikat wisatawan. Cara mengolah daging dengan bumbu tertentu membuat dagingnya terasa gurih.

Panggang Pacak juga menjadi kuliner khas Pasaman Barat yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Bahan utamanya adalah ikan laut yang dagingnya ditepuk-tepuk hingga empuk. Gading ikan itu kemudian dibumbui dan dibakar.

Seusai Jelajah Kuliner, wisatawan bisa menikmati sajian seni dan budaya dari tiga etnis yang berkembang di Pasaman Barat yaitu Minang, Jawa dan Mandailing.

Baca juga: Desa di Manggarai Barat tawarkan nuansa jelajah alam bagi wisatawan

Luhur menyebut dua iven tersebut masuk dalam 77 kegiatan yang disiapkan Sumbar untuk menyambut program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 yang sudah diluncurkan pada akhir 2022.

"Tahun ini dicanangkan sebagai tahun kebangkitan pariwisata Sumbar. Seluruh Kabupaten dan Kota di Sumbar telah menyiapkan destinasi dan agenda untuk menyambut wisatawan yang akan datang," ujarnya.

VBWS 2023 menargetkan bisa mendatangkan 8,2 juta wisatawan ke Sumbar baik wisatawan asing maupun wisatawan Nusantara.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2023