Beijing (ANTARA) - Perdana Menteri China Li Keqiang melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif melalui sambungan telepon.

Dalam komunikasinya, kedua pemimpin itu pertama-tama saling bertukar ucapan selamat Tahun Baru dan kemudian menekankan bahwa persahabatan China-Pakistan telah bertahan melewati berbagai ujian perubahan internasional hingga tumbuh semakin kuat dari waktu ke waktu,

Li mengatakan China senantiasa menempatkan hubungan dengan Pakistan sebagai prioritas dalam diplomasi dengan negara tetangganya, akan terus mendukung Pakistan dalam menjaga kemerdekaan dan kedaulatan nasional, integritas wilayah, hak dan kepentingan yang sah, serta dalam menjaga persatuan, stabilitas nasional, dan mewujudkan pembangunan dan revitalisasi.

Lebih lanjut Li menjelaskan bahwa sukses kunjungan Sharif ke China belum lama ini sangat mendorong pengembangan hubungan bilateral kedua negara. China juga siap mengintensifkan pertukaran tingkat tinggi dengan Pakistan, mendorong kerja sama praktis di berbagai bidang utama dan mendorong pengembangan hubungan China-Pakistan yang lebih besar.

Li menyebutkan bahwa situasi ekonomi dunia saat ini sangat kompleks yang ditandai dengan melonjaknya inflasi, pertumbuhan ekonomi yang rendah, kebijakan moneter yang ketat hingga beban utang yang tinggi.

Oleh karena itu, menurut Li, semua negara harus mempromosikan keterbukaan bersama, memperkuat koordinasi kebijakan ekonomi makro dan keuangan, serta berusaha mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dunia.

"China selalu mendukung Pakistan dalam mengembangkan ekonominya dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat, serta bersedia bekerja sama dengan Pakistan untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan pembangunan regional," ujar Li seraya berharap Pakistan akan terus melakukan yang terbaik untuk memastikan keamanan personel dan institusi China di Pakistan.

Di sisi lain, Shehbaz Sharif berterima kasih kepada China atas dukungan dan bantuan yang sangat besar kepada negaranya dalam mengatasi bencana banjir dan sangat mengapresiasi China yang selalu berada di sisi Pakistan saat masa-masa sulit.

Menurut Sharif, kondisi tersebut sepenuhnya menunjukkan persahabatan erat antara Pakistan dan China yang lebih tinggi dari gunung dan lebih dalam dari laut.

Pakistan dengan teguh menjunjung tinggi prinsip Satu China, mendukung China dalam semua isu yang menyangkut kepentingan inti China, dan bersedia memperkuat kerja sama dengan China di berbagai bidang untuk mendorong hubungan bilateral ke jenjang yang lebih tinggi, imbuh Sharif.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023