Surabaya (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP)  Moeldoko mengajak anak muda untuk mengembangkan sektor pertanian di tengah adanya isu inflasi pangan.

"Anak muda merupakan tonggak pilar dalam perkembangan negara, terutama dalam bidang pertanian," kata Moedoko pada pertemuan dengan sejumlah akademisi di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, .

Menurut dia, inflasi pangan pasti akan terjadi sehingga dibutuhkan peran anak muda untuk mengembangkan pertanian.

Dengan luas lahan pertanian di Jawa Timur  yang mencapai 1,2 hektare, Moeldoko mengajak anak muda untuk fokus mengolah pertanian.

Baca juga: Moeldoko tanam bibit durian untuk ajak warga kembangkan pertanian
Baca juga: Moeldoko tampung aspirasi pedagang Pasar Banjarsari Pekalongan


"Saya rasa Jatim ini lahannya sangat luas, kalau diolah dengan baik oleh anak muda, maka akan berkembang. Potensinya luar biasa yang ditambah dengan perkembangan digital, maka sebutan Indonesia sebagai negara agraris akan tergaungkan di dunia," kata dia.

Sementara itu, akademisi Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo mengapresiasi Moeldoko yang mengajak anak muda untuk bertani.

Dia mengungkapkan Hasil Riset Pusat Kajian Komunikasi (Puskakom) bahwa proyeksi masa depan kaum milenial memperlihatkan kurang meminati sektor pertanian, padahal sektor ini sangat vital untuk ketahanan pangan.

"Desa menawarkan sumber penghasilan yang sangat prospek. Itulah mengapa pertanian akan menjadi sangat penting. Karena itu, pertanian harus menjadi perhatian  serius. Negara harus hadir untuk kepentingan ini," kata dia.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023