Xining (ANTARA) - Jumlah unggas air yang menghabiskan musim dingin di Danau Qinghai yang juga merupakan danau air asin pedalaman terbesar di China, meningkat 3,5 kali lipat menjadi lebih dari 11.100 ekor secara tahunan (year on year/yoy) selama musim dingin ini,

Menurut administrasi cagar alam nasional danau tersebut, data pemantauan itu dikumpulkan selama patroli musim dingin kali ini.

Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah angsa whooper (Cygnus cygnus) yang berada di bawah perlindungan nasional kelas dua mencapai lebih dari 600 ekor pada musim dingin ini, meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sedangkan jumlah ruddy shelduck atau bebek Brahminy (Tadorna ferruginea) bertambah 3,9 kali lipat menjadi lebih dari 10.500 ekor.

Sementara itu, tim pemantau juga menemukan peningkatan jumlah ruddy shelduck yang bermukim di Danau Qinghai karena lingkungan habitat yang lebih baik dan makanan yang melimpah.

"Alasan penting dari peningkatan unggas air yang menghabiskan musim dingin adalah karena semakin banyak ruddy shelduck yang bermigrasi pada musim panas tinggal di danau ini," kata Sun Jianqing dari administrasi tersebut.

Sun telah berpartisipasi dalam patroli dan pemantauan danau itu sejak 2007. "Melalui pemantauan selama bertahun-tahun, saya mendapati bahwa jumlah satwa liar dan spesies hewan kian meningkat, dan habitatnya terus membaik. Meningkatnya jumlah burung air juga menunjukkan bahwa fungsi lahan basah di cekungan Danau Qinghai membaik."

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah telah melakukan upaya untuk membangun sistem pemantauan yang mencakup seluruh danau, memperkuat perlindungan ekologis, serta meningkatkan kesadaran ekologis dan lingkungan para petani dan penggembala setempat.

Terletak di Provinsi Qinghai, China barat laut, danau ini merupakan titik transit utama bagi burung-burung yang bermigrasi dari Asia Tengah ke India dan Asia Timur ke Australia. Danau ini juga berfungsi sebagai rumah musim dingin yang penting bagi burung air di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023