Makassar (ANTARA) - Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama (Laksma) TNI Deny Prasetyo menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk membahas persiapan "Multilateral Naval Exercise Komodo" (MNEK) 2023.

"Kami sengaja datang menemui Pak Wali Kota Makassar untuk meminta izin sekaligus menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di wilayah Makassar," ujarnya di Makassar, Jumat.

Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo yang juga Komandan Satgas MNEK 2023 itu mengharapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan berskala internasional tersebut.

Dia menyatakan kegiatan "Multilateral Naval Exercise Komodo" (MNEK) 2023 itu akan dilaksanakan pada Juni 2023 dan Kota Makassar menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf internasional itu.

Dia menjelaskan jika MNEK 2023 adalah latihan bersama multilateral yang akan mengundang 48 negara peserta Angkatan Laut dari negara-negara sahabat.

"Ada 48 negara yang akan hadir sebagai peserta dan materi latihan adalah penanggulangan bencana atau 'humanitarian assistant for disaster relief' atau kegiatan yang bersifat "nonwar fighting exercise"," katanya.

Kegiatan MNE Komodo Ke-4 Tahun 2023 adalah implementasi tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam bidang diplomasi dan militer, yaitu dalam operasi militer selain perang (OMSP) bersama dengan angkatan laut negara-negara sahabat dalam aksi penanggulangan bencana alam, bantuan kemanusiaan, dan ancaman bersama aspek maritim.

Baca juga: TNI AL gelar latihan bersama dengan 47 negara di Makassar
Baca juga: Angkatan Laut 54 negara akan ikuti MNEK 2022 di Belitung


Tidak hanya itu, latihan bersama ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan menyiapkan kerangka kerja sama dalam menghadapi situasi krisis dalam bidang keamanan maritim.

Dansatgas 4th MNEK 2023 menyampaikan bahwa latihan yang digelar setiap dua tahun sekali ini pertama kali dilaksanakan di Batam, Padang, dan Lombok.

"Tahun ini, kita memilih Selat Makassar karena memiliki perairan yang luas dan cukup bagus untuk dijadikan simulasi latihan dan merupakan wilayah kerja dari salah satu Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) yang ada di Makassar," terangnya.

Kegiatan ini melibatkan kementerian terkait, pemerintah daerah, dan komunitas maritim.
 
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik kunjungan Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo selaku Dansatgas 4th MNEK 2023 dan penunjukan Kota Makassar sebagai tuan rumah.

"Kita siap menyambut tamu negara dan menjadi tempat digelarnya pelatihan persahabatan antarnegara-negara sahabat," katanya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023