Jakarta (ANTARA) - Pelabuhan Horgos yang terletak di kawasan perbatasan di Daerah Otonom Uighur di China barat laut, melanjutkan kembali proses custom clearance pada Minggu, membuka diri untuk kedatangan turis pertama pada tahun 2023.

Mulai 8 Januari, proses custom clearance juga telah dilanjutkan di Irkeshtam, Karasu, dan Takixken, tiga pelabuhan jalan lainnya di daerah itu, yang masing-masing berbatasan dengan Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Mongolia.

"Kini, menaiki bus antarmoda internasional ke China menjadi lebih mudah setelah dilanjutkannya proses custom clearance," kata Belik Zhanuzakov, yang berasal dari Kazakhstan dan tiba di Pelabuhan Horgos, yang berbatasan dengan Kazakhstan.

Lantaran pandemi, Belik Zhanuzakov harus berbisnis dengan mitranya di China secara daring. "Sekarang, kami bisa punya kesempatan untuk berbicara secara langsung," ujarnya, mengungkapkan harapan agar bisnisnya dapat terus berkembang.

Untuk memastikan kelancaran prosedur custom clearance bagi penumpang di pelabuhan, departemen bea cukai Xinjiang telah membuat rencana tersendiri berdasarkan karakteristik masing-masing pelabuhan. Otoritas inspeksi perbatasan juga telah meningkatkan publisitas kebijakan keluar-masuk, serta mengatur akomodasi dan katering di pelabuhan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2023