Mataram (ANTARA) - Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia membangun 31 titik sumur bor yang disumbangkan guna memenuhi kebutuhan air bersih di Nusa Tenggara Barat.

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi bantuan sumur bor yang diberikan Unhan, sehingga masyarakat sangat terbantu untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

"Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi. Apa yang dibutuhkan oleh teman-teman dari Unhan kami siap mendukung," ungkap Wagub NTB saat menerima silaturahmi Unhan dalam keterangan tertulis diterima, Jumat.

Terdapat 31 titik sumur bor yang sudah dibuat dan dibantu oleh Unhan untuk NTB. Sumur bor ini tersebar di 22 titik di Pulau Lombok dan 11 titik di Pulau Sumbawa.

Baca juga: BRIN dan Unhan RI kerja sama riset bidang pertanian dan pangan

Baca juga: RI-WHO pilih Unhan jadi pusat pelatihan darurat kesehatan multi-negara


Sementara Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Unhan RI, Dr. Susilo Adi Purwantoro mengatakan bantuan sumur bor ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat secara luas.

Selain memberikan bantuan, pihaknya juga melakukan eksploitasi di setiap wilayah yang memiliki potensi sumber air.

"Alhamdulillah, dari 31 titik yang kami bor, sebanyak 18 titik memiliki air," kata Susilo yang juga sebagai tim Eksplorasi dan Pipanisasi Titik Sumber Air di NTB.

Dalam kegiatan penggalian sumur bor, Unhan juga bekerja sama dengan Dinas PUPR dan ESDM NTB.*

Baca juga: Pipanisasi air di Sembalun-Lombok dibangun bersama ACT-Jepang

Baca juga: Prabowo teken MoU dengan WHO bentuk pusat pelatihan medis

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023