Denpasar (ANTARA) - Bumi Borneo Basketball Pontianak mengawali Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2023 di GOR Merpati, Denpasar, Bali, Minggu, dengan sukses meraih kemenangan 69-64 atas Tangerang Hawks Basketball Club.

Tripoin dari shooting guard Bumi Borneo, Calvin Chrissler, pada menit pertama kuarter empat, menjadi momentum bagi tim merebut posisi unggul dan terus mendulang skor sampai akhir laga.

Calvin yang bermain selama 20 menit 6 detik juga menjadi pencetak skor terbanyak dari jajaran pemain lokal dengan 14 poin, 2 rebound, dan 2 assist. Dia juga mencatat tripoin terbesar yaitu tiga masuk ring dari lima percobaan atau 60 persen. Bahkan, tiga tripoin Bumi Borneo seluruhnya dicetak oleh shooting guard berusia 24 tahun itu.

Walaupun demikian, posisi top skor Bumi Borneo diisi oleh pemain berpaspor Amerika Serikat Randy Bell. Dia menyumbang 16 poin, 7 rebound, dan 3 assist saat bermain selama 24 menit 24 detik.

Baca juga: Hangtuah rebut kemenangan dari Bali United di pengujung laga

Cameron Devon Ridley ikut menyumbang skor sampai dua digit, yaitu 12 poin, 8 rebound, dan 1 assist meskipun dia bermain lebih singkat dibandingkan dengan Randy Bell dan Calvin, yaitu selama 15 menit 36 detik.

Di kubu Tangerang Hawks, pemain asing Tyron Lamar Criswell menyumbang skor terbanyak untuk tim dengan 28 poin, 9 rebound, dan 2 assist. Untuk jajaran pemain lokal, Anjas Rusadi Putra menyumbang skor terbesar untuk tim dengan 15 poin dan 3 rebound.

Tangerang Hawks sebetulnya memimpin pertandingan pada kuarter pertama dan kedua, tetapi Bumi Borneo mampu memaksa skor imbang pada akhir kuarter ketiga dan membalik situasi pada menit pertama kuarter empat.

Namun, tripoin Calvin pada menit pertama babak terakhir menjadi momentum bagi Bumi Borneo untuk gencar menyerang ring Tangerang Hawks sampai selisih skor sempat terpaut sampai 8 poin.

Criswell, yang menjadi satu-satunya pemain asing di Tangerang Hawks, berupaya mengejar ketertinggalan itu dengan mencetak 2 poin pada 1 menit terakhir. Anjas Putra ikut menyerang dengan tripoin ke ring Bumi Borneo saat waktu hanya tersisa 11 detik.

Akan tetapi, Bumi Borneo berhasil menjaga selisih skor terpaut 5 poin sampai akhir apalagi setelah Randy Bell mengeksekusi 1 dari 2 lemparan gratis ke ring Tangerang Hawks.

Baca juga: Satria Muda bangkit amankan kemenangan atas Patriots di laga perdana

Selepas pertandingan, Calvin dari Bumi Borneo menilai timnya perlu mengevaluasi diri setelah menjalani pertandingan hari ini.

“Evaluasinya, kami perlu meminimalisir turnover,” kata dia.

Walaupun demikian, ia bersyukur Bumi Borneo mengawali liga musim ini dengan catatan positif. Menurut dia, tim yang solid dan patuh instruksi pelatih menjadi kunci kemenangan Bumi Borneo.

“Yang menjadi kunci (kemenangan) kami, terus ikut rules dari coach, jadi kami tetap solid, dan komunikasi di lapangan hal yang paling penting,” kata Calvin menambahkan.

Bumi Borneo di IBL 2023 Seri 1 Bali akan kembali berlaga dengan menghadapi Elang Pacific Caesar Surabaya, Selasa (17/1), Satya Wacana Salatiga pada Kamis (19/1) dan Mountain Gold Timika pada Jumat (20/1).

Sementara itu, Tangerang Hawks bakal mencoba peruntungan untuk menang saat melawan RANS PIK Basketball pada Selasa (17/1) dan Bima Perkasa Jogja pada Kamis (19/1).

Baca juga: Dewa United awali IBL 2023 kalahkan Mountain Gold 76-64

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023