Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan bahwa pembangunan kepemudaan menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2023 guna mewujudkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas.

"Pembangunan kepemudaan menjadi prioritas guna mewujudkan SDM dan generasi berkualitas," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Femmy menjelaskan, terdapat tiga fokus pembangunan pemuda dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023, antara lain penguatan koordinasi lintas sektor pelayanan kepemudaan khususnya koordinasi pusat dan daerah.

Baca juga: Pemerintah terus perkuat koordinasi lintas sektor terkait kepemudaan

Kemudian peningkatan partisipasi aktif pemuda terutama melalui kewirausahaan berbasis inovasi dan teknologi serta pencegahan perilaku berisiko pemuda, seperti perundungan, intoleransi, seks bebas, dan lain sebagainya.

Selain itu, Kemenko PMK juga mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan peran pemuda dalam program pembangunan.

"Kemenko PMK juga mendorong peningkatan komitmen pimpinan daerah terhadap pembangunan kepemudaan," kata Femmy Eka Kartika Putri.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan kepemudaan juga merupakan faktor pendukung dalam menghadapi bonus demografi.

Baca juga: Bappenas: Penguatan pembangunan kepemudaan wujudkan SDM berkualitas

"Hal ini sangat penting mengingat Indonesia akan segera mencapai bonus demografi sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Melalui berbagai upaya intensif diharapkan usia produktif Indonesia akan diisi oleh manusia yang sehat, berpendidikan, dan mempunyai keahlian atau keterampilan," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa pembangunan SDM yang berkualitas harus dimulai sejak dini, mulai dari aspek kesehatan dan pendidikan.

"Dengan demikian, akan mendukung berbagai upaya untuk mewujudkan SDM berkualitas dalam rangka menyambut bonus demografi," katanya.

Sumber daya manusia berkualitas, ujar dia, akan berperan strategis dalam mendukung perkembangan perekonomian, sosial, serta peningkatan kesejahteraan bangsa.

Baca juga: Kemenko PMK: Pemuda harus berperan aktif dalam pembangunan SDM

"Pemerintah mendorong para pemuda untuk turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan SDM dengan cara meningkatkan keterampilan dan potensi diri," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023