New York (ANTARA) - Dolar jatuh terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya dalam sesi berombak pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), terbebani oleh ekspektasi kemungkinan perubahan kebijakan di bank sentral Jepang (BoJ) yang dapat mengakhiri apa yang disebut "kontrol kurva imbal hasil" dan menjadi pendahulu untuk mengadopsi sikap moneter yang lebih ketat.

Ekspektasi telah mendorong yen lebih tinggi terhadap dolar selama beberapa minggu terakhir. Sejak 6 Januari, yen telah melonjak hampir 5,0 persen terhadap greenback.

Sementara itu, sterling memimpin kenaikan versus dolar, mencapai level tertinggi lima minggu setelah data menunjukkan laju pertumbuhan gaji mengalami akselerasi lagi di Inggris, diawasi ketat oleh bank sentral Inggris (BoE) untuk mengukur seberapa tinggi menaikkan suku bunga.

Fokus pasar tetap pada BoJ. Spekulasi berkembang tentang perubahan atau berakhirnya kebijakan kontrol kurva imbal hasil (YCC) Jepang, mengingat bahwa investor telah mendorong imbal hasil obligasi 10 tahun di atas batas atas yang ditetapkan oleh BoJ sebesar 0,5 persen dan jumlah pembelian obligasi untuk mempertahankannya menjadi sangat mengejutkan.

Di bawah kebijakan YCC, BoJ menargetkan beberapa suku bunga jangka pendek di -0,1 persen dan imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun di 0,5 persen di atas atau di bawah nol, yang bertujuan untuk mencapai target inflasi 2,0 persen secara berkelanjutan.

BoJ diperkirakan akan membuat keputusan kebijakan penting pada Rabu setelah pertemuan dua hari.

"Pasar sedang menunggu gelisah untuk melihat apakah BoJ mengatasi ini," kata Amo Sahota, direktur eksekutif di perusahaan konsultan valas Klarity FX di San Francisco. "Jika ya, maka dolar/yen menuju ke 126. Tapi saya pikir mereka akan tetap stabil di sini, memberikan kisah peringatan yang sama dan menunggu sebentar."

Dalam perdagangan sore, dolar turun 0,2 persen terhadap yen menjadi 128,24 yen. Terhadap franc Swiss, dolar turun 0,5 persen menjadi 0,9220 franc.

Dolar Australia dan Selandia Baru naik terhadap greenback, masing-masing menguat 0,5 persen pada 0,6991 dolar AS dan naik 0,8 persen pada 0,6433 dolar AS.

Euro turun 0,3 persen terhadap dolar menjadi 1,0793 dolar, dirusak oleh laporan Bloomberg News yang mengatakan bahwa sementara kenaikan suku bunga 50 basis poin (bp) pada Februari tetap mungkin terjadi, prospek kenaikan 25 basis poin yang lebih kecil pada Maret mendapatkan dukungan.

Pound naik 0,7 persen terhadap dolar menjadi 1,2278 dolar, setelah melonjak ke puncak lima minggu di 1,2299 dolar. Sterling terangkat oleh data yang menunjukkan pertumbuhan upah Inggris meningkat pesat dalam tiga bulan hingga November, sementara pekerjaan naik lebih cepat dari perkiraan 27.000.

Data opsi valas menunjukkan bahwa pasar mengantisipasi pergerakan tajam ketika pertemuan BoJ berakhir pada Rabu, dengan volatilitas tersirat semalam melonjak ke level tertinggi enam tahun.

Di tempat lain, indeks dolar AS naik 0,1 persen pada 102,35.

Sejak akhir minggu perdagangan pertama tahun ini, indeks dolar telah turun hampir 3,0 persen, tertekan secara keseluruhan oleh data AS yang menunjukkan harga konsumen naik dengan kecepatan yang lebih lambat. Itu menunjukkan bahwa Federal Reserve akan terus mengurangi laju kenaikan suku bunga.

"Inflasi bergerak ke arah yang benar untuk The Fed dan akibatnya kenaikan 25 basis poin telah diperkirakan," kata Joe Perry, analis pasar senior di FOREX.com dan City Index di New York. "Pasar berada dalam mode tunggu dan lihat setelah itu, sampai mungkin jatuh ketika pasar tampaknya berpikir Fed akan memangkas suku bunga."

Data pada Selasa (17/1/2023) mengkonfirmasi perlambatan inflasi. Barometer aktivitas bisnis Fed New York di negara bagian New York turun pada Januari ke level terendah sejak pertengahan 2020 karena pesanan anjlok dan pertumbuhan lapangan kerja terhenti. Indeks "Empire State" Fed New York pada kondisi bisnis saat ini anjlok ke -32,9 bulan ini dari -11,2 pada Desember. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan indeks di -9,0.


Baca juga: Dolar melayang ke posisi terendah, Yen dekat level tertinggi 7-bulan
Baca juga: Yuan terangkat 157 basis poin menjadi 6,7135 terhadap dolar AS
Baca juga: Dolar jatuh ke terendah 7-bulan, yen naik karena harapan kebijakan BoJ

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023